Ini Bukti Kuatnya Dukungan Masyarakat Toraja kepada NH-Aziz – FAJAR –
Pilkada

Ini Bukti Kuatnya Dukungan Masyarakat Toraja kepada NH-Aziz

FAJAR.CO.ID, TORAJA — Dukungan masyarakat Toraja kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) tetap solid, meski terus diserang kampanye negatif soal rambu solo’. Toh, Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Golkar itu secara kesatria telah memohon maaf secara tulus dan langsung mengklarifikasi insiden saat debat kandidat itu murni karena salah dengar.

Masyarakat dan tokoh masyarakat Toraja pun membela NH atas pemberitaan miring yang menyebut mantan Ketua PSSI itu tidak mengerti adat istiadat Toraja. Frederik Manuk Rante, masyarakat Toraja menegaskan NH merupakan sosok yang sangat menghargai dan memahami adat Toraja. Bahkan, NH bisa dibilang tidak terpisahkan dengan Toraja karena cucu dan menantunya berdarah Toraja.

“Intinya keliru jika menyebut NH tidak mengerti dan menghormati adat istiadat Toraja. Sebaliknya, NH merupakan kandidat yang paling peduli dan memahaminya,” ucap dia, Senin, 30 April.

Dukungan dan pembelaan masyarakat Toraja juga terekam dalam video amatir rangkaian acara sebelum pelaksanaan rambu solo’ untuk pemakaman almarhum Damaris Rande Pakambanan pada April 2018.

Dalam video berdurasi kurang lebih satu menit itu, terlihat puluhan warga bergandengan tangan membentuk suatu lingkaran. Mereka kompak mengenakan baju kaos kuning bergambarkan NH-Aziz. Hal itu jelas membuktikan bahwa Mmasyarakat Toraja tidak terpengaruh oleh tudingan beberapa pihak yang mengatakan bahwa NH tidak menghormati adat-istiadat Toraja.

“Rambu solo’ adalah suatu rangkaian prosesi pemakaman masyarakat Toraja, yang sakral dan juga menjadi wujud penghormatan terhadap para leluhur mereka. Banyaknya warga yang mengenakan Kaos tersebut merupakan salah satu wujud dukungan terhadap pasangan calon nomor urut satu (NH-Aziz). Masyarakat tahu dan percaya pada NH,” pungkas Frederick. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!