Mak Jleb! Begini Sindiran Keras Rocky Gerung ke Jokowi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap melakukan bagi-bagi sepeda kepada masyarakat saat berkunjung ke daerah, mendapat kritik pedas dari mantan dosen Filsafat Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung.

Rocky Gerung menilai apa yang dilakukan Jokowi merupakan tindakan yang tidak mendidik. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontakan Jokowi kepada siswa pun dinilainya sebagai keduangan bangsa.

Pria kelahiran Manado Sulawasi Utara (Sulsel) ini menjelaskan, Jokowi seharusnya menanyakan hal-hal yang subtantif yang bisa merangsang nalar dan logik para siswa.

“Kalau sekadar menanyakan ikan, itu menjelaskan kedunguan bangsa. Sebab, kita diajak untuk mempertanyakan multiple choice. Ada yang tidak jalan dalam logika itu karena suasana argumentasi itu tidak dijalankan. Kita bisa tanya dalam sepuluh tahun ke depan kemampuan imajinasinya seperti apa,” kata Rocky dalam seminar pendidikan nasional yang diselenggarakan PKS di Jakarta. Seperti diberitakan JPNN, Rabu (2/5).

Dia menilai, Jokowi tidak memiliki arah dalam dunia pendidikan.

“Seharusnya Nawacita itu menjadi arah. Nawacita itu (Jokowi) pun tak mengerti apa yang ditulis dan itu bisa nabrak,” kata Rocky.

Dia juga mengkritisi klaim pemerintah tentang keberhasilan membangun infrastruktur.

Menurut Rocky, pembangunan seharusnya tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga sumber daya manusia (SDM).

“Kita bisa bilang presiden kita (klaim) bangun infrastruktur. Padahal, infrakstrukur manusia itu adalah kecerdasan,” tegas Rocky. (jpc/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...