Survei LKPI di Pilgub Kalbar, Milton-Bayman Menang Telak Atas Karolin – FAJAR –
Pilkada

Survei LKPI di Pilgub Kalbar, Milton-Bayman Menang Telak Atas Karolin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peta politik Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) makin jelas. Ini terlihat saat Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survey terbaru mereka kepada tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar.

Dari hasil survey tersebut, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun masih tangguh buat dua pasangan lainnya, yakni Karolin-Gidot dan Midji-Norsan.

“Berdasarkan hasil survei popularitas ketiga pasangan calon kepala daerah Kalimantan Barat dari tingkat kesukaan secara individu calon gubernur, nama Milton Crosby-Boyman Harun masih menempati posisi tertinggi yakni 78,1 persen,” kata Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/5).

Posisi popularitas Karolin-Gidot hanya meraih 68,8 persen dan Midji-Norsan 70, 8 persen. Sementara dari sisi akseptabilitas, lanjut Arifin, pasangan Milton -Boyman juga menempati peringkat tertinggi dibanding dua pasangan calon lainnya.

“Tingkat akseptabilitas Milton -Boyman 89,9 persen disusul Midji-Norsan 70,3 persen dan Karol-Gidot 61,3 persen,” paparnya.

Sementara itu, dari sisi kapabilitas dan kompetensi, Milton-Boyman kembali unggul dengan raihan 90,7 persen. Hal itu kata Arifin, lantaran Milton dianggap berprestasi saat memimpin Sintang. Sedangkan Midji-Norsan memiliki nilai kapabilitas dan kompentensi 72,1 persen, Karolin-Gidot hanya 56,2 persen.

Saat simulasi terbuka secara spontan dengan pertanyaan siapa yang akan dipilih di Pilkada Kalbar, 42,3 persen responden menjawab Milton-Boyman.

“Alasannya alasan Milton-Boyman punya rekam jejak yang lebih baik saat menjabat sebagai kepala daerah dibanding dengan dua pasangan lainnya,” katanya.

Sedangkan yang memilih pasangan Midji-Norsan 24,3 persen, Karol-Gidot 17,2 persen. “Kemudian yang tidak memilih dan masih belum tahu sebanyak 16,2 persen,” urainya.

Survei yang digelar LKPI 18-29 April 2018 ini melibatkan 1815 responden dengan margin of error kurang lebih 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage rabdom sampling. (Aiy/Fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!