Sssst… Setya Novanto Sudah Membayar Denda Rp500 Juta

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Terpidana kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik (KTP-el), Setya Novanto sudah membayar denda sebelum ia dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Bandung.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah. Kata dia, mantan ketua DPR RI tersebut sudah membayar denda dan biaya perkara.

“Pihak SN telah membayarkan denda Rp 500 juta dan biaya perkara Rp 7.500,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/5)

Namun demikian, Febri menambahkan Setya Novanto belum membayar uang pengganti sejumlah 7,3 juta dolar AS dikurangi Rp 5 miliar yang sudah dikembalikan kepada pihak penyidik KPK.

“Sedangkan untuk pembayaran uang pengganti belum dilakukan, selain uang titipan Rp 5 miliar sebelumnya. Namun, pihak SN telah menyerahkan surat kesanggupan membayar,” tukasnya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini akan resmi menyusul kedua terpidana kasus KTP-el lainnya yakni Irman dan Sugiharto di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Setya Novanto divonis menjalani masa tahanan selama 15 tahun. Selain itu dirinya juga diminta membayar uang denda sebesar Rp 500 juta subsider tiga bulan, melunasi uang pengganti sejumlah 7,3 juta dolar AS dikurangi Rp 5 miliar yang sudah dikembalikan kepada pihak penyidik KPK dan dicabut hak berpolitiknya selama lima tahun. [ian]

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment