Soal Sumur Minyak di Aceh, WALHI Minta Polisi Tindak Para Pelaku

Minggu, 6 Mei 2018 - 22:01 WIB

FAJAR.CO.ID, BANDA ACEH – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh, meminta seluruh pihak terkait menyelesaikan secara tuntas kasus pertambangan minyak ilegal di Aceh Timur.

“Tidak hanya menangkap aktor yang berada di level bawah, juga harus mampu menangkap aktor besar sebagai pemilik modal. Sehingga tidak terkesan hukum hanya berlaku bagi masyarakat saja.”

“Selain itu, begitu juga bagi oknum penegak hukum yang terlibat dalam aktifitas pertambangan minyak ilegal tersebut juga harus ditindak secara tegas,” kata Direktur Eksekutif WALHI Aceh, Muhammad Nur, seperti dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos group) hari ini.

Dia menyebutkan pihaknya mendukung kerja kepolisian untuk memeriksa siapapun yang terlibat dalam kasus ini.

Muhammad Nur berharap Polres Aceh Timur, bersama Polda mampu mengungkap kasus ini secara objektif dan transparan, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” tambahnya.

Katanya, semua pihak harusnya mendukung kerja penegakan hukum, sehingga penyelesaian kasus pertambangan minya ilegal itu dapat dikerjakan dalam waktu secepat mungkin.

Kasus kebakaran sumur minyak ilegal di Aceh Timur harus menjadi pembelajaran bersama yang telah memberikan dampak pada kemanusian dan lingkungan hidup.

“Sehingga kasus serupa tidak terulang di lokasi lain di masa akan datang. Untuk itu hukum harus ditegakan, sehingga akan menjadi efek domino bagi setiap orang melakukan kegiatan yang sama di daerah lain,” sebutnya lagi. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.