SatpolPP Tunggu Intruksi untuk Tertibkan THM Jelang Ramadhan

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR — Bulan suci Ramadan diprediksi jatuh pada 17 Mei mendatang, tempat hiburan malam (THM) pun menjadi atensi agar tidak beroperasi demi menjaga kekhusyukan warga menjalankan ibadah selama Ramadan.

Dikatakan Kepala Dinas Satpol PP dan PMK Bulungan, Marulie, pihaknya tentu juga akan turut serta dalam menjaga ketertiban masyarakat selama Ramadan. Utamanya masalah THM dan sejenisnya, namun pihaknya akan bergerak berdasarkan perintah dari pemerintah daerah.

“Akan kita tertibkan THM, asal ada dasarnya. Itu yang terpenting. Dasarnya paling tidak ada edaran dari kepala daerah, namun sejauh ini kami belum menerima perintah atau edaran,” ucapnya.

Namun ia meyakini tentu dari pemerintah daerah akan mengeluarkan edaran yang dimaksud, seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja ia katakan dimungkinkan saat ini edaran tersebut masih dalam proses.

“Jika memang ada instruksi penutupan THM atau tempat-tempat yang dinilai mengganggu kekhusyukan warga misalnya, tentu ketika bulan puasa tiba dan masih ada yang masih buka, akan dilakukan penindakan,” sebutnya.

“Tentu nanti kita akan dibantu aparat pemerintah lainnya, seperti TNI atau pun Polri, namun sejauh ini kami masih menunggu edaran yang akan diberikan seperti apa nantinya,” sambungnya mengakhiri.

Sementara itu Bupati Bulungan H. Sudjati mengatakan, memang perihal edaran tersebut akan menjadi atensi pihaknya. Sehingga, perlu pembahasan terlebih dahulu untuk langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

“Tentu yang perlu menjadi perhatian ialah situasi yang kondusif selama bulan suci Ramadan tersebut, untuk itu saya juga mengajak seluruh warga masyarakat menjaga hal tersebut, semua lini agar bisa bersinergi,” sebutnya.

Lanjut kata dia, tak hanya THM yang perlu menjadi perhatian, rumah makan pun menjadi perhatian. Boleh buka akan tetapi dengan syarat menutup warungnya menggunakan tirai. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghormati orang yang sedang berpuasa di siang hari. “Karena ada juga agama lain yang tidak berpuasa, jadi warung makan bisa buka di siang hari dengan menggunakan tirai. Tapi dalam waktu dekat akan kita berikan edaranlah,” pungkasnya. (sny/eza)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1

Comment

Loading...