Jelang Ramadan, Pemda Keluargan Warning untuk THM

FAJAR.CO.ID, NUNUKAN – Menjelang Ramadan Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, mengeluarkan surat edaran (SE) terkait beberapa pelarangan selama umat Islam melaksanakan ibadah di bulan suci ramadan. Penerbitan surat edaran untuk meminimalisir gangguan yang terjadi selama berjalannya ibadah puasa.

Diantaranya penertiban Tempat Hiburan Malam (THM) dan juga rumah makan, selama satu bulan penuh. Dikatakan Bupati Laura, hal tersebut untuk menghormati masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kepada mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa ramadan, diharapkan pengertian dan toleransinya. Untuk itu kepada pemilik panti pijat, lokalisasi, THM melakukan penutupan tersebut dilaksanakan pada satu hari sebelum bulan ramadan sampai dengan dua hari setelah hari Raya Idul Fitri 1439H/2018 M,” terangnya Bupati Laura.

Termasuk pula terhadap pemilik karaoke, hanya diperkenankan membuka kegiatan mulai pukul 22.00-24.00 Wita, dengan ketentuan tidak ada unsur minuman keras (Miras), narkotika dan obat-obatan terlarang.

Seperti biasa, sejumlah warung makan maupun restoran terpaksa harus tutup disiang hari. Hal itu tentunya menjadi polemik tersendiri bagi para pedagang makanan. Sebagian diantara mereka mengaku masih akan berjualan namun dengan cara menutup sebagian besar pintu warung.

“Kita meminta untuk tidak melakukan kegiatan usahanya secara terbuka pada waktu siang hari, untuk menghormati masyarakat yang sedang beribadah puasa, artinya bisa saja, namun tidak melakukannya secara terang-terangan,” katanya.

Sementara itu, Aminah seorang pemilik warung makan mengaku keberatan apabila penutupan warung makan dilakukan secara permanen selama satu bulan penuh. Pasalnya, terdapat pula masyarakat yang tidak melakukan ibadah puasa.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya kan banyak juga, orang yang tidak puasa, seperti pekerja bangunan, orang non Islam, dan perempuan yang halangan, jadi saya tetap buka tapi tidak seperti hari-hari biasa,” tuturnya. (*/say)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1

Comment

Loading...