Siapa Dalang Kerusuhan di Rutan Mako Brimob?

FAJAR.CO.ID -- Saat ini aparat kepolisian masih menyelidiki dan mencari dalang kerusuhan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok Jawa Barat yang terjadi pada Selasa malam (8/5) hingga Kamis dini hari (10/5).

Dalang yang dimaksud adalah pelaku yang menyusun rencana perebutan senjata dari tangan petugas serta membunuh 5 anggota Polri dan menganiaya 4 petugas di rutan itu.

”Ini yang masih kami investigasi. Karena saat ini masih simpang siur siapa pelakunya, siapa yang (hanya) diam, dan siapa yang melakukan. Investigasi masih dalam proses, perlu waktu dua hingga tiga hari,” ujar Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Kamis (10/5/2018).

Ia menambahkan, selain mencari tahu siapa otak atau dalang di balik kerusuhan tersebut, pihaknya juga sedang menyelidiki jaringan teroris mana yang terlibat dalam kerusuhan ini.

”Masih diinvestigasi semuanya, yang jelas seluruhnya ada 155 (tahanan teroris),” lontarnya.

Menurutnya, aksi penyanderaan menjadi salah satu pertimbangan polisi dalam melakukan langkah penanganan. Sebab salah satu prioritasnya adalah bagaimana anggota yang disandera, yakni Bripka Iwan Sarjana dapat diselamatkan.

”Ini kan polisi lagi disandera. Kami ingin sanderanya selamat. Sampai (pembebasan) sandera selesai tadi pagi (Kamis dini hari). Setelah itu kami baru ambil lakukan tindakan tegas,” tandas Syafruddin.

Sementara itu, Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal, membantah kalau dalang kerusuhan di Rutan Mako Brimob adalah organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...