Antisipasi Aksi Teror, Kapolda Jateng Bakal Buat Group Whatsapp


FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyebut akan melakukan tugas koordinasi aktif melalui group WhatsApp (WA). Upaya ini dilakukan untuk menanggulangi segala bentuk aksi terorisme.

“Dan saya akan berada di group itu untuk memantau langsung,” ujarnya di Mapolda Jateng dalam forum diskusi bersama Komunitas Persaudaraan Lintas Agama (PELITA) Kota Semarang, Senin (14/5).

Dikatakannya, orang-orang atau komponen masyarakat yang akan dilibatkan dalam group WA itu akan menjadi barisan terdepan dalam upaya penanggulangan terorisme. “Isinya mulai dari Pelita, Banser, ormas-ormas agama, tingkat RT dan RW,” lanjutnya.

Menjadi barisan terdepan, lantaran Condro menyebut mereka akan melakukan pengawasan dari tingkat terkecil. Macam melaporkan segala tindak tanduk individu atau siapa pun yang dinilai mencurigakan di daerah tempat tinggal masing-masing.

Mengenai peran yang akan diambil kepolisian sendiri, Condro mengatakan pihaknya juga sudah meningkatkan intensitas pengamanan di obyek-obyek vital. “Sudah diinstruksikan ke Kapolres, saya koordinasi dengan Pangdam untuk ke Korem dan Kodim guna pengamanan objek dan tempat ibadah yang berpotensi terhadap teroris. Gereja, klenteng dan area publik lain sampai di tingkat RT,” katanya lagi.

Tak berhenti sampai di situ, Kapolda mengatakan juga akan meminta Kominfo mengambil tindakan tegas. Pasalnya, ia menilai paham radikalisme telah memberikan efek cuci otak luar biasa hebat bahkan hanya dengan melalui media sosial.

“Perempuan yang selama ini belum pernah terlibat langsung dalam tindak terorisme, terlepas dari aksi penyerangan oleh seorang wanita ke Istana yang dulu bisa dicegah. Bahkan, anak-anak sekarang dilibatkan. Mereka begitu mudah dicuci otak hanya dengan melalui postingan-postingan di sosial media,” tegasnya.

Sehingga, untuk mengoptimalkan upaya ini, kegiatan menurut Kapolda, masih akan dilanjutkan dengan langkah koordinasi bersama Forkopinda Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota. “Semua berkomitmen bersatu melawan terorisme dan tidak takut adanya teror,” tandasnya. (gul/JPC)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...