Muhammadiyah Puasa 17 Mei, NU Tunggu Putusan Pemerintah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Berdasarkan hasil musyawarah Majelis Tajrih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah, sekaligus hisab hakiki wujudul hilal warga Muhammadiyah, khususnya di Kota Pagaralam mulai puasa 1 Ramadan 1439 Hijriah pada Kamis 17 Mei mendatang.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pagaralam HA Dimyati Rais mengungkapkan, hasil musyawarah majelis tajrih dan tajdid PP Muhammadiyah memutuskan, awal bulan puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5). Sedangkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada 15 Juni 2018 Masehi dan 1 Zulhijah 1439 Hijriah pada Senin, 13 Agustus 2018 Masehi.

“Dengan demikian, warga Muhammadiyah khususnya di Kota Pagaralam akan melaksanakan awal Ramadan sesuai dengan instruksi maupun mempedomani dan meneruskan keputusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Tertuang dalam maklumat tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal dan Dzulhijah 1439 Hijriah,” kata Dimyati.

Terpisah, Pimpinan NU Kota Pagaralam sekaligus Kepala kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam H Win Hartan mengungkapkan, untuk penetapan awal puasa NU Kota Pagaralam tetap berpedoman dan menunggu hasil keputusan pemerintah. Dalam hal ini keputusan dari Kementrian Agama.

“Kita tetap berpedoman menunggu keputusan pemerintah pusat mengenai ketetapan Ramadan dan 1 Syawal 1439 Hijriah. Berharap semua umat muslim dapat menjalaninya dengan penuh khusyuk, sebagai ladang mencari amal ibadah. Sedangkan bagi masyarakat lainnya yang tidak menjalankan ibadah puasa, hendaknya dapat bertoleransi dengan menghormati bulan suci Ramadan,” ucapnya. (ald)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...