Imbas Bom Surabaya, Rupiah Melemah Tipis ke Level Rp 14.000-an

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Nilai tukar Rupiah dibuka melemah tipis terhadap Dolar Amerika Serikat. Rupiah dibuka melemah 16 poin ke level Rp 13.989 dibandingkan penutupan sebelumnya di posisi Rp 13.973 per USD.

Dilansir Bloomberg, Selasa (15/5), pergerakan Rupiah usai dibuka terus melemah. Bahkan, posisi saat ini, Rupiah sudah kembali ke level Rp 14.000-an.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, seperti diketahui saat ini Indonesia tengah diusik dengan adanya teror bom.

Reza menjelaskan, adanya rilis data-data ekonomi AS yang relatif di bawah estimasi memberikan dampak pada penurunan laju USD. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh EUR untuk bergerak positif.

“Pelaku pasar pun memanfaatkan kondisi tersebut dengan masuk pada sejumlah mata uang hard currency selain USD sehingga EUR dan sejumlah mata uang lainnya pun terdorong naik dibandingkan USD. Pernyataan ECB terkait perlunya new fiscal instrument untuk ekonomi Zona Eropa mendorong EUR menguat,” tuturnya.

Di sisi lain, meski dari dalam negeri terdapat berita duka dengan adanya teror bom yang terjadi berturut-turut namun, pelemahan tersebut tertahan dengan optimisme sejumlah kalangan pemerintahan terkait kondisi ekonomi.

“Salah satunya dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro, yang menilai teror bom gereja di Surabaya hanya berdampak sementara terhadap perekonomian dan investasi,” tandasnya.(srs/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...