Preview Final Liga Champions: Ramadan “Mendebarkan” bagi Salah – FAJAR –
Bola

Preview Final Liga Champions: Ramadan “Mendebarkan” bagi Salah

Mohamed Salah, bintang Liverpool asal Mesir. (Foto: Aitor Alcalde/Getty Images)

Jaminan seru final Liga Champions 2018 membuat kubu Real Madrid dan Liverpool berdebar-debar. Siapa yang akan juara?

===========

PERJUMPAAN Real Madrid dan Liverpool begitu dinanti. Kedua tim dan para penggemar mulai menyiapkan segalanya. Scarf untuk final sudah siap diiikat di kepala.

Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang baru saja selesai operasi pendarahan otak juga tidak mau ketinggalan menonton laga final ini. Bisa jadi ia akan terbang langsung ke Ibu Kota Ukraina atau menonton siaran langsung di rumah.

Menanti Liverpool kontra Real Madrid di final Liga Champions. (Foto: Fabrice COFFRINI/AFP PHOTO)

Sejarah mencatat, kedua tim beda negara ini pernah bersua pada final Piala Champions musim 1980/1981. Ketika itu, Si Merah menang tipis 1-0 atas Los Blancos.

Kapten Liverpool dengan trofi Liga Champions usai menang 1-0 atas Real Madrid pada 27 Mei 1981. (Foto: Allsport/Getty Images)

Sementara, pada era Liga Champions, kedua tim dua kali saling mengalahkan. Liverpool menaklukkan Madrid dengan agregat 5-0 pada musim 2008/2009. Madrid lantas membalasnya pada musim 2014/2015 dengan kemenangan beragregat 4-0.

Laga final Liga Champions musim ini akan berlangsung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev pada Minggu (27/5/2018) dinihari WIB.

Real Madrid lebih dahulu menyegel tiket final setelah menaklukkan Bayern Munchen dengan agregat 4-3. Sedangkan Liverpool melaju ke partai puncak usai menang agregat 7-6 atas AS Roma. Ini adalah final pertama untuk tim Merseyside sejak 2006/2007, di mana mereka jadi runner-up usai dikalahkan AC Milan.

Pertemuan di final kali ini adalah yang keenam bagi kedua tim. Berkaca dari sejarah dan penampilan impresif kini, masing-masing pendukung punya alasan kuat mengapa jagoannya yang pantas juara. Di sudut-sudut Kota Madrid dan Liverpool, sudah terdengar riak-riak kemenangan.

Serunya, karena kedua tim sedang subur. Tengok kemenangan teranyar 6-0 Real Madrid atas Celta Vigo di Santiago Bernabeu. Gareth Bale menyumbang dua gol atas raihan itu, sekaligus menambah semangat El Real menuju final karena sukses mengakhiri tren negatif tiga pertandingan tanpa kemenangan di kandang.

Real Madrid menjinakkan Celta Vigo di Bernabeu. (Foto: Getty Images)

Tim racikan Zinedine Zidane jelas mengincar trofi ketiga Liga Champions secara berturut-turut, tetapi usaha itu tidak akan semudah menekuk Celta Vigo di Bernabeu.

Gema dan gengsi Liga Champions lebih besar, ujiannya pun lebih menantang. Lagipula tim yang dilawan adalah pasukan Jurgen Klopp, yang tercatat sebagai tim tersubur di Liga Champions musim ini.

Liverpool telah mencetak lebih banyak gol daripada tim lain di turnamen, membuat 40 gol sejak awal babak grup. 29 gol di antaranya dibuat oleh tiga bomber subur mereka: Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. Ini juga yang membuat semangat The Reds meledak-ledak menuju Kiev, didukung rekaman sejarah manis pada musim 2008/2009 dan 1980/1981.

Liverpool sedang menikmati masa-masa produktif di lapangan. (Foto: Getty Images)

Khusus Mohamed Salah, si pemain religius, namanya disebut-sebut akan dikenang sebagai legenda tim jika sukses mengantar Liverpool juara Liga Champions musim ini. Menenggelamkan sejarah besar Luis Suarez, Fernando Torres, atau Ian Rush sekalipun.

Lebih spesial bagi Salah karena final kali ini digelar dalam bulan Ramadan. Ia akan tetap berpuasa, dan akan berbuka sejam sebelum meladeni Cristiano Ronaldo cs. di lapangan. Termasuk pula pada sesi latihan, mantan pemain AS Roma akan tetap berpuasa.

Kick-off laga final bakal dimulai pada pukul 21.45 waktu Kiev. Pada waktu itu, umat islam di Kiev sebenarnya sudah lewat masa iftar atau saat berbuka puasa yang jatuh pada pukul 20.33 waktu setempat.

Mohamed Salah jadi pahlawan baru Liverpool setelah sukses membawa The Reds ke final Liga Champions. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Sejatinya, bukan cuma Salah pemain muslim di Liverpool. Ada juga Sadio Mane dan Emre Can yang akan berpuasa. Sementara, di kubu Real Madrid, hanya satu pemain muslim: Achraf Hakimi, tapi posisinya di tim belum sepenting Salah di Liverpool, meski ia adalah bek tim yang bisa menyumbang gol.

Achraf Hakimi (kanan) mencetak gol pertamanya untuk Real Madrid ke gawang kiper Sevilla, Sergio Rico (kiri). (Foto: AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Tidak ada yang bermasalah untuk Final Liga Champions. Semua siap 150 persen (termasuk Cristiano Ronaldo).
–Zinedine Zidane (Real Madrid)

Saya akan kecewa jika tidak bisa tampil di final dan karena itulah saya memberikan segalanya untuk mendapatkan kondisi yang baik, tapi saya tidak akan kecewa jika bukan menjadi starter.
–Gareth Bale (Real Madrid)

Final tersebut akan menjadi pertandingan paling penting tahun ini bagi kami. Semua orang ingin bermain tetapi kita harus siap untuk apa saja dan yang penting adalah bagaimana kita tampil sebagai tim.
–Isco Alarcon (Real Madrid)

Ini tidak akan menjadi laga antara Mohamed Salah dan Cristiano Ronaldo. Saya bermain untuk klub yang hebat, dan pemain-pemain yang juga hebat. Kami bisa sampai di final karena kami memiliki kerjasama tim yang hebat, yang tidak bisa saya lakukan sendiri.
–Mohamed Salah (Liverpool)

Satu-satunya hal yang harus kami lakukan adalah memainkan gaya bermain kami sendiri dan tidak gugup. Saya pikir kami akan memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan melawan mereka.
–Georgino Wijnaldum (Liverpool)

Kami siap. Kami punya waktu dua minggu yang panjang. Kami akan berada dalam kondisi terbaik dan kami berharap dapat melihat apa yang bisa kami lakukan.
–Andy Robertson (Liverpool)

Dengan adanya Ronaldo sebagai sosok pemain besar, atau salah satu pemain terbaik sepanjang masa, akan menjadi sangat terhormat berhadapan dengannya.
–Alexander-Arnold (Liverpool)

Jadwal Final Liga Champions
Minggu, 27 Mei 2018
Real Madrid Vs Liverpool
Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina

Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina. (Foto: stadiumdb.com)

 

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!