Salat Tarawih di Masjid Ini Terapkan “One Night One Juz”

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Salah satu bentuk ibadah spesial di Ramadan yakni salat tarawih secara berjamaah. Salat yang dilakukan pada malam hari ini merupakan amalan khusus yang dianjurkan dalam bulan Ramadan.

Untuk mendapatkan keutamaan ibadah salat tarawih yang lebih khusyuk, warga Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) menggelar salat tarawih one night one juz di Masjid Albirrul Pertiwi desa setempat.

Masjid berkubah emas tersebut melaksanakan program salat tarawih dengan menyelesaikan satu juz di setiap malamnya. “Salat tarawih sendiri dilakukan seperti biasa, namun memiliki durasi cukup lama jika dibandingkan dengan pelaksanaan salat tarawih pada umumnya,” kata pengurus Masjid Albirru Pertiwi, Basuki, Sabtu (19/5).

Basuki menuturkan, program tersebut sengaja disajian khusus saat bulan Ramadan. Dirinya berharap dengan adanya program ini masyarakat sekitar bisa lebih khusyuk dalam melaksanakan salat tarawih.

“Kami mengajak kaum muslimin khususnya di Desa Dander, supaya dapat merasakan suasana tarawih dengan lantunan Alquran satu Juz tiap malam. Dengan program itu, otomatis dalam satu bulan dapat mengkhatamkan Alquran,” tutur Basuki.

Program salat tarawih ini juga telah dilaksanakan di tahun sebelumnya. Untuk kali ini, salat tarawih akan dipimpin tiga ustad hafidz Alquran, pelaksanaanya pun telah dijadwal secara bergantian.

Ustad yang akan memimpin tarawih tersebut, di antaranya satu Ustad Muhammad Haidar dari Madura, dan dua Ustad Saiful Anwar dari Ustad M. Husnul Wadik dari Bojonegoro. (yud/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...