Songkok Laris Manis, Pembeli dari Daerah Datang Memborong

0 Komentar

Ramadan menjadi berkah bagi pedagang. Berbagai barang musiman Ramadan laku keras di masyarakat. Contohnya saja songkok yang dijual Asnah di Jalan Sultan Alauddin.

================
Laporan; NUGROHO
================

SAAT memasuki bulan suci ini, masyarakat seakan berbondong-bondong membeli songkok. Bulan yang identik dengan ibadah ini memang menjadi acuan bagi mereka untuk terlihat lebih syar’i. Dan yang diuntungkan jelas adalah para penjual songkok.

Penjual songkok yang berada di Jalan Sultan Alauddin Makassar, Asnah menjadi salah satu penjual yang ketiban rezeki. Saat penulis mengunjungi kiosnya, terlihat ada beberapa pembeli yang sedang memilih-milih songkok. Ternyata, suasana seperti itu di kios milik Asnah terjadi tiap hari. Itulah yang dikatakannya.

Asnah adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Jalan Salemba Makassar. Ia tak memiliki pekerjaan saat bulan-bulan biasanya. Namun saat ramadan tiba, ia mendadak menjadi seorang pedagang songkok bersama suaminya.

Ibu empat orang anak ini bersama suaminya Muh Asri berdagang songkok tiap tahunnya. Ia mengatakan telah melakukan aktivitas itu sejak 16 tahun lalu. Sedari pagi hingga malam hari ia setia menjaga kiosnya.

“Lama mi saya jualan begini, ini kan musiman, kalau hari biasanya jarang ada orang yang mau beli, puasa pi baru banyak pembeli. Untuk tahun ini dari bulan April saya sudah jualan memang mi, tutup kios lagi kalau takbiran mi,” jelasnya.

Di kios yang berukuran kurang lebih 12 meter persegi ini, ia berjualan ditemani pula oleh anak-anaknya. Para kemanakannya pun ikut membantunya, menjadi karyawan di kios itu.

Ada bermacam-macam songkok yang dijual di kios milik Asnah dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga termurah yakni Rp 10 ribu, sampai yang paling mahal seharga Rp 300 ribu. Semuanya diperjualkan di kios ini dengan harga yang pastinya bisa ditawar.

Para pembelinya juga ternyata dari berbagai daerah. Selain orang-orang yang melintasi Jalan Sultan Alauddin, ternyata banyak juga yang sengaja datang ke kiosnya dari berbagai penjuru wilayah. Bahkan diakatan Asnah, ada pembeli juga yang dari Bantaeng.

“Iya banyak pembeli, ternyata itu bukan dari orang lewat saja, pernah ada pembeli yang bilang sengaja memang datang kesini. Bahkan juga itu ada pengorderku itu dari bantaeng,” kata Asnah.(nug/war/b)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...