Erdogan Harap Moqtada Al Sadr Ubah Irak Lebih Baik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengucapkan selamat kepada Moqtada Al Sadr via telepon atas kemenangan koalisinya dalam pemilihan umum Irak. Erdogan berharap Al Sadr bisa membentuk pemerintahan baru Irak dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Erdogan menyatakan dukungan Turki bagi persatuan Irak. Ia juga meminta Al Sadr untuk menyelidiki kecurangan pemilu di sejumlah daerah yang dihuni etnis Turkmen di Kirkuk. Selama ini Etnis Turkmen di Kirkuk, Irak Utara terus melakukan unjuk rasa menentang hasil pemilihan parlemen pada 12 Mei di negara itu. Warga Turkmen berkumpul di pusat Kota Kirkuk.

Mereka meneriakkan slogan-slogan berisi tudingan kecurangan dan penipuan di pemilu. Seperti dilansir Anadolu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan, mereka membatalkan semua surat suara di 103 TPS di Provinsi Baghdad, Anbar, Niniwe, Saladin, dan Erbil. Namun hingga saat ini belum jelas apakah pembatalan itu akan mempengaruhi hasil akhir pemilu Irak.

Berdasarkan hasil pemilu, koalisi Sairoon Muqtada Al Sadr memenangkan 54 kursi parlemen, diikuti oleh koalisi Hashd al-Shaabi 47 kursi, dan blok Perdana Menteri Haidar Al Abadi 42 kursi.

Partai Demokrat Kurdistan hanya mendapat 25 kursi di majelis. Hasil awal telah diumumkan beberapa hari sebelumnya. Namun tudingan kecurangan dan penipuan yang tersebar luas dilaporkan menunda penghitungan suara terakhir. (ina/iml/met/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...