DPR: Terobosan Mentan Sangat Muliakan Petani

Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo memberikan pujian atas berbagai terobosan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam mendongkrak produksi sekaligus mengangkat kesejahteraan petani. Menurut dia, perhatian Mentan kepada petani sangat luar biasa. Baru kali ini, petani betul-betul dimuliakan.

“Kebijakan Menteri Pertanian bukan hanya 4 tahun ini tapi selama menjabat ini memang merupakan terobosan yang dinanti-nanti para petani. Baru di era ini petani kita betul-betul dimuliakan. Kenapa saya katakan itu, lihat saja bantuan mekanisasi (alat mesin pertanian/alsintan). Itu sambutannya luar biasa dan saya lihat langsung di lapangan itu petani kita tengah malampun masih dapat bakerja. Jadi apa yang dilakukan Kementan ini sangat mulia,” kata Firman, kemarin.

Menurut politisi Golkar ini, kebijakan Menteri Amran konsisten membela petani. Adapun terobosan tersebut antara lain, pemberian alsintan gratis sebanyak 370 ribu unit, naik 4700 persen dari periode pemerintahan sebelumnya. Bagi-bagi benih padi, jagung, kedelai dan lainnya sebanyak 12.1 juta hektar gratis, membangun dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier seluas 3,47 juta hektar, membangun embung 2.278 unit embung, damparit, dan longstorage, perluasan dan optimasi lahan 1,08 juta hektar dan lahan rawa 467 ribu hektar.

Tidak hanya itu, Menteri Amran juga melakukan revisi anggaran perjalanan dinas para pejabat Kementan sebesar Rp 800 miliar diarahkan buat petani. Kemudian membangun 1.313 desa mandiri benih dan 714 desa pertanian organik. Hasilnya, produksi gabah setiap tahunnya naik. Pada 2015 mencapai 75,36 juta ton gabah kering giling (GKG) atau naik 4,51 juta ton 2014. Produksi padi di tahun 2016 juga terjadi kenaikan yakni 79.35 juta ton dan tahun 2017 juga terjadi kenaikan sebesar 81.07 juta ton.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...