Manusia Tertua di Dunia: Merokok Tidak Membuatku Sakit

FAJAR.CO.ID -- Manusia tertua dunia asal Afrika Selatan, Fredie Blom, menyatakan keinginannya untuk berhenti merokok. Meskipun sudah berhenti minum beberapa tahun lalu, Fredie Blom mengaku masih sulit meninggalkan kebiasaannya untuk merokok.

Bekas pekerja pertanian, yang berusia 114 tahun pada 8 Mei itu dianggap sebagai orang tertua yang masih hidup meskipun ini belum diverifikasi oleh Guinness World of Records. Status ini terakhir dipegang oleh seorang wanita Jamaika, Violet Moss-Brown, hingga 15 September 2017 ketika ia meninggal pada usia 117 tahun.

Dilaporkan Mohammed Allie (BBC) dari Cape Town, Fredie Blom menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai buruh di sebuah peternakan dan di industri konstruksi di Afrika Selatan. Fredie Blom mengatakan tidak punya rahasia khusus untuk umur panjangnya dan ia juga masih merupakan perokok biasa.

“Setiap hari saya masih merokok dua sampai tiga ‘pil’ (linting tembakau yang digulung). Dorongan untuk merokok begitu kuat. Kadang-kadang aku berkata pada diriku sendiri aku akan berhenti tapi aku hanya berbohong pada diriku sendiri. Dadaku mengejarku untuk memiliki embusan dan aku kemudian dipaksa untuk membuat ‘pil’,” ujarnya di BBC.

Di usianya yang sudah 114 tahun, dia sama sekali tidak memiliki penyakit. “Saya merasa sangat sehat, saya baik. Hati saya kuat tetapi hanya kaki saya yang menyerah, saya tidak bisa berjalan seperti dulu,” katanya, berbicara dalam bahasa Afrikaans dengan suara keras dan jelas.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...