ASN Dominasi Pelanggaran Pilkada di Polman

Jumat, 1 Juni 2018 - 18:49 WIB

FAJAR.CO.ID, POLMAN — Menjelang pesta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masih banyak pelanggaran yang dilakukan pihak-pihak tertentu. Seperti yang ditemukan di Kabupaten Polman, Sulawesi Barat.

Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) menemukan pelanggaran didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).  Mereka diduga tidak netral dan mendukung salah satu pasangan calon.

Divisi Penindakan dan Penegakan Hukum Panwaslu Polman, Arham Syah usai menggelar rakor bersama stakeholder di Hotel Lilianto menuturkan, pihak panwas sekarang ini telah memproses sebanyak 38 pelanggaran yang dilakukan oleh ASN dan 15 laporan sudah diproses.

Dari 15 laporan tersebut, 8 sudah direkomendasikan ke Komisi ASN ( KASN) untuk ditindak, dan rata rata mereka adalah ASN aktif. Pelanggaran yang dilakukan oleh ASN adalah mengupload status dan me like di medsos dengan memasukkan simbol paslon petahana nomor urut 2.

” Bukan cuma itu mereka juga hadir pada kampanye dan menyuarakan Yel yel Paslon yang menurut UUD Pilkada ASN tidak boleh ikut menyuarakan Yel yel Paslon saat kampanye.

Panwas juga mendapati beberapa perangkat Desa termasuk Kepala Dusun juga diduga ikut melakukan pelanggaran dengan menghadirkan kampanye paslon.

“Ini bentuk pelanggaran yang tidak netral dan tidak mencerminkan seorang ASN,”tegasnya.

Atas dasar pelanggaran tersebut, Panwaslu Polman sudah tindak semua, dan tinggal menunggu hasil dari KASN untuk ditindak lanjuti ke pemerintah daerah. (win/parepos/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.