Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Hanya 5,3 Persen

Sabtu, 2 Juni 2018 - 23:29 WIB
menkeu sri mulyani indrawati. (foto: ricardo/jpnn.com)

FAJAR.CO.ID — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini diprediksi bisa tercapai di kisaran 5,2–5,3 persen.

”Kami memperkirakan risiko lebih rendah dari 5,4 persen itu memang sangat nyata. Dengan respons kenaikan suku bunga, konsekuensi pertumbuhan ekonomi akan lebih rendah daripada target 2018,” jelas Sri, Kamis (31/5).

Meski begitu, untuk tahun depan, dia masih optimistis.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, perekonomian Indonesia pada 2019 memiliki potensi yang baik untuk mencapai pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,4–5,8 persen.

Potensi tersebut didasarkan pada beberapa perkembangan yang telah terjadi beberapa tahun terakhir.

Dari sisi permintaan agregat, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mulai ditopang secara seimbang oleh empat mesin pertumbuhan. Yaitu konsumsi, investasi, ekspor, dan belanja pemerintah.

Selama tiga tahun terakhir, lanjut dia, inflasi berada pada kisaran 3,5 persen. Angka itu lebih rendah daripada rata-rata inflasi selama sepuluh tahun terakhir yang mencapai 5,6 persen.

”Perkembangan harga domestik dan laju inflasi telah mengalami penurunan dan semakin stabil merupakan faktor penting dalam menjaga tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat,” jelas Sri. (rin/ken/c7/fal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.