Kupas Tuntas Program Kesehatan NH-Aziz, Jubir: Memang Sejalan dengan Misi WHO

FAJAR.CO. ID, MAKASSAR -- Program di sektor kesehatan ala pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dinilai sejalan dengan misi World Health Organization (WHO). Hal tersebut diungkapkan Jubir NH-Aziz, Batari Dwi Ramadhani saat mengupas tuntas program kesehatan tersebut, Minggu (3/6).

Kata dia, misi World Health Organization (WHO) saat ini ialah terwujudnya Universal Helath Coverage (UHC). Program itu berupa sistem kesehatan yang menjamin setiap warga dalam populasi tertentu memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif tanpa mendapatkan kesulitan keuangan.

Tak hanya melalui premi atau gratisnya biaya kesehatan oleh pemerintah, program ini juga perlu ditunjang melalui ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan yang memadai. Kata Tari, syarat-syarat terwujudnya misi WHO itulah yang NH-Aziz jabarkan melalui program canangannya.

Mahasisw Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas ini menjelaskan, NH-Aziz hadir dengan pembangunan kesehatan berparadigma sehat. Yaitu, cara pandang, pola pikir, atau model pembangunan kesehatan yang bersifat holistik dengan memandang bahwa masalah kesehatan dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat lintas sektor.

Karena itu, imbuh Tari, upayanya lebih diarahkan pada peningkatan pemeliharaan dan perlindungan kesehatan (upaya preventif), bukan hanya penyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan (upaya kuratif). Sehingga, orang tetap sehat dalam kondisi sehat.

Tari menerangkan, dalam mewujudkan hal tersebut, pertama, NH-Aziz menyiapkan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP. Hal ini dicanangkan NH-Aziz atas kondisi belum maksimalnya penerapan kesehatan gratis sebab sulitnya prosedural pelayanan dan akses mendapatkan jaminan kesehatan gratis.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...