IYL-Cakka Diinginkan Rakyat, Pengamat: Hasil Survei Harus Jadi Pelecut

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Peluang pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memenangkan Pilgub Sulsel terbuka lebar. Itu jika mengacu pada lima lembaga survei yang mengunggulkan pasangan ini selama 9 bulan terakhir.

Meski demikian kalangan akademisi meminta duet nomor urut 4 ini tidak terlena. Melainkan menjadikan hasil survei itu untuk terus bergerak meyakinkan pemilih di sisa waktu yang ada.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim menilai, hasil survei dari lembaga yang berbeda namun tetap mengunggulkan IYL-Cakka makin menguatkan posisi pasangan yang dikenal dengan perpaduan komitmen tegas dan merakyat itu.

Khusus rilis survei terbaru yang dilakukan CPI-LSI Network, menurutnya cukup kreadibel. Apalagi dengan rekam jejak lembaga yang disegani di Indonesia ini.

“Lembaga survey ini cukup kredibel. Rilis yang menempatkan IYL-Cakka unggul dari kandidat lain cukup bisa dipertanggungjawabkan dengan selisih yang tidak terlalu jauh dengan kandidat lain,” kata dia.

Menurut dia,hasil survei ini sangat pantas dijadikan rujukan. “Saya kira survei ini cukup untuk dijadikan penyemangat saja kepada para kontestan untuk mengevaluasi, dan bekerja keras lagi. Terutama dalam merebut segmen swing voters,” jelas Syahrir.

Dikonfirmasi lebih jauh, posisi IYL-Cakka tentu tetap membutuhkan kerja yang maksimal untuk memenangkan pertarungan hingga hari pencoblosan.

Hanya saja dia tidak menampik tingginya tingkat keterpilihan IYL-Cakka, bukti bahwa Rakyat menginginkan Sulsel dipimpin dua figur yang dua periode menjabat bupati tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani


Comment

Loading...