PKS Sarankan Jubir KPK Tak Perlu Masuk Ranah Penyidik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menyarankan agar Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)Fabri Diansyah untuk bekerja sesuai dengan tugasnya, dan tidak perlu mengambil tugas penyidik dalam pemanggilan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sebagai saksi atas kasus korupsi e-KTP.

“Seharusnya Humas KPK menjalankan tugasnya secara proporsional, tidak perlu masuk ke ranah penyidikan. Dalam hukum acara panggilan untuk saksi bisa dilakukan tiga kali, jadi tidak perlu memberikan reaksi berlebih jika masih panggilan pertama,” kata Aboe Bakar Alhabsyi lewat rilisnya ke Fajar.co.id, Selasa (5/6).

Diketahui, KPK baru saja memanggil Ketua KPK bambang Soesatyo alias Bamsoet pada, Senin (4/6) kemarin sebagai saksi atas tindak pidana korupsi e-KTP. Namun, dalam pemanggilan itu, Bamsoet tidak bisa menghadiri karena memiliki jadwal kedinasan selaku Ketua DPR RI di hari yang sama.

Menurut politisi yang beken disapa Habib Aboe

itu, Febri seharusnya memberikan edukasi yang baik kepada publik, bukan malah mengambil alih tugasnya penyidik. Selain itu, respon Febri sangat keliru karena pemanggilan kepada Bamsoet baru satu kalih, masih ada pemanggilan berikutnya lagi.

“Sebagai humas, seharusnya malah memberikan edukasi kepada publik bagaimana hukum acara yang berlaku. Jika memang ada kesempatan pemanggilan sampai tiga kali disampaikan saja apa adanya,” jelasnya.

Olehnya itu, Anggota Komisi III DPR RI yang membidangi hukum itu menyarankan agar KPK jangan gegabah hingga terlihat sudah menghakimi orang lantaran tidak menghadiri pemanggilan pertama. ” Jangan seolah-olah orang sudah dihakimi lantaran tidak datang pada panggilan pertama.

Saya kira hukum acara kita masih sama, tidak ada yang berubah,” sarannya.

Politisi yang sering terlihat kritis saat rapat komisi ini meminta agar KPK sebaiknya menghormati proses pemanggilan sebagaimana sudah diatur. “Jadi sebaiknya dihormati proses pemanggilan sebagaimana aturan main yang belaku.

Saya yakin mas Bambang akan patuh dan mengikuti aturan hukum yang ada. Sebagai ketua DPR beliau pasti akan memberikan contoh yang baik untuk penegakan hukum di Indonesia,” yakinnya. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...