Posisi Pertama di Survei Index Indonesia , Elektabilitas NH-Aziz Capai 30,1 Persen

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lembaga survei Index Indonesia merilis hasil survei tentang elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Sulsel 2018 di salah satu hotel di Makassar, Kamis (7/6/18).

Survei yang dilakukan pada 24 kabupaten kota di Sulsel dengan jumlah sampel 11.200, menempatkan pasangan urut nomor satu Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar pada urutan pertama dengan capaian 30,1 persen.

Disusul oleh pasangan nomor urut tiga Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman dengan perolehan 23,4 persen. Sementara di posisi tiga ditempati pasangan nomor urut empat Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar mencapai 18,9 persen, dan di posisi terakhir diraih pasangan calon nomor urut dua Agus AN-Tandribali Lamo yang hanya 5,1 persen. Dan yang belum menentukan pilihan sekitar 22,5 persen.

"Jadi hasil survei ini sebenarnya kami yakini merepresentasi populasi masyarakat Sulsel, jadi apapun hasilnya itu mencerminkan hasil yang sebenarnya," kata Direktur Eksekutif Index Indonesia, Agung Prihatna.

Lebih lanjut, Agung mengatakan bahwa untuk di awal bulan Juni ini, nilai elektabilitas pasangan nomor urut satu secara signifikan berada diatas pasangan yang lain.

"Dalam survei ini kami menggunakan metodelogi sampel yang standar, kita memilih sampel sepenuhnya secara acak dengan menggunakan teknik multistate rundown sampling sebagaimana metode yang digunakan lembaga survei yang lain,"terang Agung.

Sementara proses pengumpulan data dilakukan pada 1 sampai 15 Mei 2018. Menurut Agung, angka masyarakat yang belum menentukan pilihan menandakan para calon ini belum memaksimalkan kampanye untuk diri mereka.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani

Comment

Loading...