Tren Kasus Bunuh Diri di AS Meningkat 30 Persen

Jumat, 8 Juni 2018 - 22:15 WIB

FAJAR.CO.ID — Selama kurang lebih 17 tahun sejak 1999-2016, tingkat kasus bunuh diri di hampir setiap negara bagian Amerika Serikat mengalami peningkatan.  Bahkan dari laporan pusat pengendalian dan penyakit atau the Centers for Disease Control and Prevention (CDC), peningkatannya lebih dari 30 persen di separuh negara.

Dilansir dari huffpost.com, meskipun kesehatan mental sering dijadikan penyebab untuk bunuh diri, lebih dari separuh orang di 27 negara yang melakukan aksi tersebut didiagnosis menderita penyakit mental pada 2015 lalu.

Digolongkan menurut usianya, CDC mengatakan orang yang berusia 45-64 tahun yang paling banyak melakukan aksi bunuh diri. Sedangkan orang yang berusia 10-24 berada di tingkat terendah.

“Ini adalah masalah nasional dengan cakupan luas yang kami butuhkan untuk pendekatan menyeluruh,” kata Anne Schuchat, wakil direktur CDC.

Dalam laporannya, hampir 45.000 orang yang melakukan bunuh diri pada tahun 2016. Hal itu menjadikannya salah satu dari tiga penyebab utama kematian di Amerika Serikat, selain dari penyakit Alzheimer dan overdosis obat.

Salah satu contoh, kematian desainer Kate Spade dengan cara bunuh diri di New York minggu ini, mengejutkan dunia mode. Suaminya mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, bahwa dia telah menderita depresi dan kecemasan selama bertahun-tahun.

“Bunuh diri jarang disebabkan oleh satu masalah tunggal,” lanjut Anne.

Selain kondisi kesehatan mental dan upaya bunuh diri sebagai faktor risiko, keadaan lain yang berkontribusi termasuk masalah sosial dan ekonomi, akses ke sarana untuk bunuh diri, dan keterampilan mengatasi dan mengatasi masalah yang buruk.

CDC menemukan bahwa bunuh diri meningkat di setiap negara bagian kecuali Nevada, di mana angkanya menunjukkan tren menurun sekitar 1 persen. Namun, Nevada memiliki tingkat bunuh diri tertinggi kesembilan di negara itu.

Dakota Utara mengalami peningkatan tertinggi, hampir 58 persen selama periode waktu yang diteliti.

Montana memiliki tingkat bunuh diri tertinggi, yaitu 29,2 persen per 100.000 orang per tahun. Sedangkan District of Columbia berada di posisi terendah, dengan 6,9 persen kasus bunuh diri per 100.000 orang per tahun.

CDC merekomendasikan pendekatan yang luas untuk pencegahan bunuh diri, termasuk meningkatkan dukungan ekonomi oleh negara. Selain itu, dukungan dari keluarga dan teman-teman serta mengidentifikasi dan mendukung orang yang berisiko untuk bunuh diri juga perlu dilakukan. (huffpost.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.