Modus Kejahatan Ini yang Sering Terjadi saat Musim Mudik

Senin, 11 Juni 2018 - 00:58 WIB

FAJAR.CO.ID — Pemudik harus ekstra waspada saat musim mudik lebaran, karena biasanya menjadi incaran penjahat untuk beraksi. Berikut empat modus kejahatan di terminal versi PojokBekasi.com:

1. Gendam atau hipnosis
Pelaku kejahatan dengan modus ini memanfaatkan kelelahan mental pemudik. Mereka akan menggunakan ilmu ini dengan menepuk tubuh calon korban sembari mengajak ngobrol.
Korban akan dibuat linglung sehingga secara sadar tak sadar akan menyerahkan barang berharga mereka kepada pelaku dengan mudah.
Biasanya korban sadar setelah pelaku pergi. Mereka akan kebingungan karena barang berharga seperti uang sudah lenyap.
Untuk menghindari kejahatan jenis ini diperlukan kondisi prima dan kejelian. Jangan sampai melamun atau banyak memikirkan sesuatu.

2. Bius
Kejahatan ini memang lembut, namun berdampak cukup parah. Pelaku yang telah menargetkan calon korban akan mengajak berbicara dan berlagak sok akrab.
Pelaku akan menampilkan diri sebagai sosok orang yang supel dan baik. Pada saat yang tepat, pelaku menawarkan minuman kepada calon korban. Tentu, minuman itu telah tercampur obat bius.
Beberapa menit setelah minum, korban tak sadarkan diri. Kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk mengambil barang berharga milik korban. Tak jarang pelaku membawa semua barang korban.
Cara menghindari kejahatan ini terbilang mudah, yakni tidak serta merta meminum pemberian orang yang baru saja dikenal.

3. Pencurian
Pencuri beraksi secara halus. Tanpa bunyi dan suara dia akan mengambil barang berharga milik korban, terutama barang yang terlihat atau peletakannya telah terprediksi oleh pelaku. Misal, dompet yang ditaruh di saku belakang.
Agar terhindar dari jenis kejahatan ini, simpanlah barang berharga di tempat yang aman dan sulit terjangkau oleh pelaku. Misalkan dompet dimasukkan ke dalam tas.

4. Jambret, rampok dan palak.
Ketiga modus kejahatan itu bersifat sama, mengambil secara paksa baik disertai ancaman atau tidak.
Pelaku kejahatan itu akan menyasar pemudik yang menggunakan perhiasan atau terlihat membawa barang berharga.

Untuk itu, jangan terlihat mencolok dan meletakkan barang berharga di dalam tas supaya terhindar dari kejahatan ini. (see/jpg)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.