Hadehh.. Cantik-cantik kok Jadi Penipu di Arisan Oline – FAJAR –
Kriminal

Hadehh.. Cantik-cantik kok Jadi Penipu di Arisan Oline

AS yang ditahan di Polsek Tarakan Barat karena dianggap melakukan penipuan berkedok arisan online

FAJAR.CO.ID- Tidak sanggup mengembalikan uang korban yang mengikuti arisan online, AS akhirnya diproses hukum sesuai dengan pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

Sebelum diproses hukum, salah seorang korban yang enggan disebutkan namanya diketahui menghubungi AS untuk bermediasi dengan beberapa korban lainnya. Korban ingin menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan.

Paur Subbag Humas Polres Tarakan Ipda Taharman mengatakan, saat dilakukan mediasi di Polres Tarakan ternyata AS tidak mampu mengembalikan keseluruhan uang dari korban yang mengikuti arisan online-nya.

“Karena tidak sanggup mengembalikan, sehingga dilakukan proses hukum dan saat ini pelaku sudah ditahan di rumah tahanan (rutan) Polsek Tarakan Barat,” tuturnya.

Penahanan AS dilakukan sesuai dengan Surat Perintah Penahanan (SPP) Nomor SPP/86/VI/2018/Reskrim menimbang bahwa untuk kepentingan penyidikan dan berdasarkan hasil pemeriksaan ditambah bukti yang cukup.

“AS diduga keras melakukan tindak pidana yang dapat dikenakan penahanan, penahanan AS juga dilakukan karena dikhawatirkan akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar waspada adanya bisnis yang berkedok arisan dengan iming-iming keuntungan besar dan kemudahan yang lebih sehingga tidak menimbulkan penyesalan dan kerugian materi di kemudian hari.

“Jangan terlalu percaya dengan adanya bisnis yang berkedok arisan yang memberikan iming-iming keuntungan besar, apalagi bisnisnya melalui online. Ruginya materi atau uang,” tuturnya.

Dirinya menilai menginvestasikan uang di arisan online rawan. Investasi lebih aman di perbankan. “Lebih baik uangnya ditabung di bank yang kemanannya lebih terjamin,” urainya. (jnr/lim)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!