Disini Penjualan Tiket Kapal Malah Sedikit

Rabu, 13 Juni 2018 - 12:41 WIB

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Lebaran tinggal tiga hari lagi. Meski terjadi lonjakan penumpang, penjualan tiket kapal laut pada agen tiket kapal di Banjarmasin ternyata tidak kena imbasnya.

Menjamurnya usaha travel diprediksi menjadi penyebabnya. Salah satu contohnya dialami Naila Travel. Calon penumpang yang singgah ke travel di Jalan Yos Sudarso RT 35, Banjarmasin Barat tersebut tidak terlalu banyak. “Masih normal seperti biasa. Entah kalau dari perusahaan penjualan tiket yang besar,” ungkap Indah, penjaga Naila Travel ketika ditemui Radar Banjarmasin, kemarin (7/6).

Indah yakin penurunan ini terjadi karena pada tahun-tahun sebelumnya penumpang banyak yang tidak kebagian tiket. Jadi mereka kapok, dan memilih transportasi lain. “Tahun lalu banyak yang tidak mendapatkan tiket untuk pulang. Para penumpang baru bisa pulang kampung setelah pemerintah menyiapkan kapal angkutan gratis. Jadinya masyarakat jera,” jelasnya.

Wanita berkacamata ini mengatakan penjualan tiket kapal di tempatnya paling banyak hanya sekitar 10 orang per hari. “Tidak tentu juga (angkanya, Red), karena di sini kan banyak travel yang jualan tiket,” ujarnya.

Indah mengakui jelang Lebaran memang mengalami kenaikan harga sekitar 20 persen sampai 30 persen. Tapi itu tidak terlalu menimbulkan dampak. Harga normal harga tiket sekitar Rp280 ribu. “Harganya jadi hampir empat ratus ribu,” terangnya.

Situasi yang sama diutarakan pemilik Caraka Travel, Fahrurozi. Meski sudah mendekati Lebaran, warga yang ingin bepergian pulang kampung masih belum mengalami lonjakan. “Sekarang penumpang yang beli tiket kapal sangat turun sekali,” bandingnya.

Itu dapat dilihat dari pembelian setiap hari. Paling banyak per harinya konsumen yang datang membeli tiket kapal maksimal 10 orang. Padahal jumlah kapal angkutan penumpang yang tersedia banyak. “Ada sih yang membeli, tapi tidak banyak. Entah kenapa sebabnya, saya juga tidak tahu. Mungkin karena ekonomi sulit,” tebaknya.(gmp/az/dye)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.