Jual Gula Diatas Harga, Ini Merek Gula yang Akan Ditegur Menteri Perdagangan – FAJAR –
Ekonomi

Jual Gula Diatas Harga, Ini Merek Gula yang Akan Ditegur Menteri Perdagangan

Kunjungan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Pasar Pa'baeng Baeng Makassar, Rabu (13/6/18)(Foto:Syamsul Alam/Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kunjungan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk memantau secara langsung stok dan harga barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran.

Didampingi Walikota Makassar dan pejabat terkait, Menteri Perdagangan menyusuri pPsar Pa’baeng Barang dan menyapa pedagang. Ia juga menanyakan ketersediaan bahan pokok kebutuhan, begitu juga dengan harga.

“Alhamdulillah semua bahan pokok tersedia dan harga juga terkendali, tidak ada lonjakan-lonjakan yang berarti. Bahkan yang dikhawatirkan semula itu daging sapi normal, kini harga 90 ribu sampai 120 ribu, itu masih wajar,”ujar Enggartiasto disela kunjungan, Rabu (13/6/18).

Sementara telur ayam yang di awal Ramadan dikabarkan melonjak harganya, belakangan ini secara relatif mengalami sedikit kenaikan dari hasil operasi dibeberapa provinsi.”Kalau daging ayam menyesuaikan di harga 33 ribu mengingat karena pasokannya dan permintaannya begitu tinggi sekali,”bebernya.

Meski demikian, Enggartiasto masih mentolerir kenaikan tersebut. Namun berbeda dengan salah satu merek gula yaitu gulaku. Menteri Perdagangan menekankan agar masyarakat tidak membeli gula tersebut karena melampaui batas harga eceran tertinggi.

“Karena kualitas gulanya sama pada umunya, dan tidak baik membebani masyarakat dengan jenis gula yang sama. Jadi masyarakat tidak perlu membeli gula dengan merek gulaku. Kita akan memberikan teguran kenapa masih menjual dengan harga seperti itu. Ini melanggar harga eceran tertinggi,”cetusnya.

Begitupula dengan harga cabai yang naik signifikan bagi masyarakat, namun kenaikan tersebut masih pada batas kewajaran mengingat permintaannya meningkat.(sul)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!