Kapal Masih Jadi Primadona Para Pemudik

FAJAR.CO.ID, PONTIANAK- Musim mudik Idul Fitri tahun ini, transportasi air masih jadi andalan masyakat Kalbar. Terbukti, beberapa pelabuhan/dermaga di Kota Pontianak dipadati pemudik, Sabtu (9/6).

Rakyat Kalbar memberitakan, aktivitas mudik di antaranya ramai di pelabuhan Shenghie dan Kapuas Indah. Kapal dan speedboat jadi pilihan menuju kampung halaman masing-masing. Khusus tiket Kapal Express sudah ludes dibooking jauh-jauh hari. Penjual tiket KM Bone, Marini mengatakan, aktivitas perjalanan mudik sudah tampak sejak beberapa hari lalu di pelabuhan Shenghie. Kendati begitu, perusahaan tempat ia bekerja tidak ada penambahan armada. Kapal jurusan Kota Pontianak - Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara ini hanya tidak ada libur.

"Biasanya hari Minggu KM Bone tidak melakukan perjalanan alias libur. Sedangkan untuk musim mudik sekarang ini tidak ada libur perjalanan," terangnya kepada Rakyat Kalbar saat ditemui di pelabuhan Shenghie, Sabtu (9/6).

Sekali jalan pihaknya melibatkan dua kapal dengan jadwal bersamaan. Hanya rute yang bergiliran. Jika kapal satunya berangkat dari Pontianak menuju Teluk Batang. Maka kapal lainnya rute sebaliknya.  Walau penumpang melonjak, harga tiket masih dipatok sama seperti hari-hari biasa. Satu orang penumpang dikenakan tarif Rp70.000. Kalau bawa sepeda motor ditambah Rp70.000, jadi Rp140 ribu. "Harga tetap, tidak ada kenaikan," jelas Marini.

Selama musim mudik, satu unit kapal motor air ini mengalami lonjakan penumpang hingga 150 - 170 orang. Beda dengan hari biasa hanya sekitar 50 penumpang. Kendati begitu, barang-barang yang biasa dititipkan melalui kapal ini tetap tidak ada perubahan. Karena sama seperti hari biasanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...