Jemaah An Nadzir dan Khalwatiah Lebaran Hari Ini – FAJAR –
Daerah

Jemaah An Nadzir dan Khalwatiah Lebaran Hari Ini

FAJAR.CO.ID, GOWA — Jemaah An Nadzir dan Khalwatiah akhirnya selesai menjalani rangkaian hari Raya Idul Fitri 1439, Kamis (14/6/2018) pagi tadi.

An Nadzir melakukan salat Ied di halaman Masjid Baitul Muqaqqis Kampung Butta Ejaya, Lingkungan Romanglompoa, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu.

Jamaah An Nadzir yang saat ini dipimpin Husaima, putra almarhum ustadz Rangka yang merupakan panglima besar jamaah An Nadzir Bontomarannu ini melakukan ruku dua rakaat salat Ied yang dipimpin ustadz Lukman Albakti selaku imam sekaligus khatib.

Salat Ied jamaah An Nadzir ini turut dihadiri anggota DPRD Gowa, Amir Ali yang juga menjadi bagian dari jamaah yang memiliki ciri khas berambut pirang, berjubah hitam. Sebanyak 350 orang jamaah An Nadzir bersujud menghadap kiblat dan menyuarakan suara takbir.

Dalam pelaksanaan salat Ied tersebut, turut hadir Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga bersama Kapolsek Bontomarannu, AKP Robert Naro. Kehadiran kedua perwira polisi ini di perkampungan An Nadzir dalam rangka pemantauan pengamanan pelaksanaan salat Ied jamaah An Nadzir yang berjalan aman dan lancar hingga selesai.

Sedang jamaah Khalwatiah melaksanakan salat Ied di tanah lapang depan Masjid Tajul Khalwatiah Kampung Tamalate, Dusun Bolangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang.

Jamaah Thariqat Khalwatiah Syekh Yusuf Gowa yang dipimpin seorang warga yang ditokohkan bernama Syekh Yusuf Puang La’lang yang merupakan pimpinan Jamaah Thariqat Khalwatiah Syekh Yusuf Gowa. Salat Ied di jamaah Khalwatiah ini baru dilaksanakan pukul 08.00 Wita. Jamaah Khalwatiah yang hadir mengikuti salat Idul Fitri sebanyak 700 orang dan seksama mengikuti khutbah Ied yang disampaikan Puang La’lang sebagai imam sekaligus khatib.

Kegiatan salat Ied di tengah jamaah Khalwatiah ini turut dipantau personil pengananan Polsek Bontomarannu, Polsubsektor Pattallassang yang dipimpin Iptu Yuniarso selaku Kapolsubsektor Pattallassang.

Dari pantauan media di tengah pelaksanaan salat Ied yang dilakukan jamaah Thariqat Khalwatiah terlihat sangat berbeda dengan tata cara salat Ied pada umumnya.

Bahkan dalam satu saf, bercampur jamaah lakilaki dengan jamaah perempuan, tidak ada pemisahan. Berbeda dengan yang dilakukan jamaah An Nadzir. Tata cara salat Iednya sama dengan ketentuan umum dan saf jamaah lakilaki terpisah dengan jamaah perempuan.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga dalam kesempatan kehadirannya di pelaksanaan salat Ied jamaah An Nadzir mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap pelaksanaan salat Ied baik terhadap jamaah An Nadzir maupun jamaah Thariqat Khalwatiah.

Bahkan besok, Jumat (15/6/2018) kata kapolres pihaknya pun tetap melakukan pengawasan dan pengamanan pelaksanaan salat Ied yang akan dilaksanakan secara resmi oleh jajaran pemerintah kabupaten. “Kita berharap pelaksanaan salat Idul fitri di Gowa tetap aman terkendali,” jelas kapolres. (saribulan/bkm/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!