Arus Mudik Lebaran Sukses, Ini Langkah Kemenhub Selanjutnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Edisi arus mudik lebaran tahun ini membuat pemerintah tersenyum. Sebab, upaya mereka dalam menjaga tingkat kemacetan di sejumlah titik bisa terkendali dengan baik.

Capaian tahun ini enggan membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berpuas diri. Menurutnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama mitra kerja lainnya seperti Korlantas Polri, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, DPR dan lainnya perlu bekerja keras lagi untuk mensukseskan arus mudik edisi selanjutnya.

Khusus untuk Kemenhub, pihaknya akan melakukan sejumlah langkah guna meningkatkan penanganan arus mudik di tahun berikutnya. Pertama, pihaknya akan melakukan riset terhadap perilaku para pemudik. Hal ini perlu dilakukan guna memperkuat pemetaan kemacetan saat arus mudik.

“Kita akan lakukan riset perilaku orang yang menggunakan motor seperti apa, bus apa, mobil apa,” ujarnya, Minggu (17/6).

Kedua, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan tol guna meningkatkan kesadaran mereka. Menurutnya, komitmen dari para pengguna jalan tol punya peran besar dalam mensukseskan pengendalian di jalan tol.

“Kedua, pengguna jalan tol harus punya komitmen, pada masa-masa seperti (arus mudik) ini dia sudah harus memperkirakan dia harus sediakan tempat parkir mobil dan sebagainya yang secara sehari-hari dia tidak pakai. Dan yang lain ketiga kita harus mengembangka moda lain seperti kapal, kereta api. Seperti keharusan kita untuk membangun Jakarta-Surabaya,” tuturnya.

Ihwal upaya penurunan tarif untuk meningkatkan pengguna transportasi massa, mantan Direktur Utama Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini tidak memungkirinya. Namun, sebelum melakukan upaya tersebut, pihaknya perlu mengkaji dan mendiskusikannya dengan pihak-pihak terkait.

“Bisa saja, bukan tidak mungkin. Malah saya kasih gratis seperti kapal laut,” pungkas Budi.

(hap/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...