Tol Jateng Mulai Disiapkan Untuk Arus Balik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) hari ini, Minggu (17/6) bakal mulai menutup seluruh akses menuju tol fungsional dari arah Barat ke Timur. Hal ini dilakukan, guna dipersiapkannya jalur tersebut yang akan dipergunakan untuk arus balik, Senin (18/6) besok.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Bakharudin mengatakan, jam penutupan sejumlah akses pada tol fungsional di Jawa Tengah diberlakukan bervariasi, tergantung lokasinya. “Ke arah Krapyak, tadi hasil rapat sebenarnya jam dua siang. Tapi dinego sampai jam empat sore tadi akhirnya,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (17/6).

Sementara untuk arah menuju Jembatan Kali Kenteng, pada ruas tol Salatiga-Kertosono, menurutnya, bakal ditutup pada Minggu (17/6) pukul 21.00 Wib nanti. Begitu pula Jembatan Kalikuto yang terletak di ruas tol Semarang-Batang. Sistem satu jalur akan diberlakukan di keduanya dari arah Timur ke Barat saat arus balik, Senin (18/6) besok.

Lebih lanjut, Bakharuddin menyebut bahwa, penutupan dilakukan sebagai persiapan arus balik yang diprediksi terjadi Senin (18/6) besok. “Untuk Timur ke Barat, besok akan dibuka langsung oleh Kapolda dan Pangdam jam enam pagi di sebelum tanjakan Kali Kenteng dari Interchange Colomadu,” sambungnya.

Ia pun memastikan bahwa, Jembatan Kali Kenteng yang pada arus mudik kemarin sempat menjadi suatu kendala tersendiri akibat adanya jalur menanjak, bakal aman dilalui ketika arus balik nanti. Pasalnya, tanjakan di sisi barat jauh lebih landai dibanding sisi timur.

“Lalu bottle neck (penyempitan jalur) di Jembatan Kali Kuto tetap ada. Jadi untuk mengantisipasi penumpukkan dari Manyaran, bisa dimasukan lewat Kaliwungu bisa, Gandulan, dan Kaligangsa juga bisa,” tandasnya.

Sebagai persiapan, tambah Bakharudin, pihaknya bakal melakukan upaya sterilisasi dan pengecekan akhir pada Minggu (17/6) malam. Mulai dari Sragen, Semarang, dan dilanjut Brebes atau mengikuti alur arus balik.

“Sekaligus sebagai simulasi sebelum difungsikan untuk arus balik,” tandasnya. (gul/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...