Polda Jateng Prediksi 5 Titik Kemacetan, Ini Datanya

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi pada 19-20 Juni 2018. Polda Jawa Tengah (Jateng) sudah memetakan jalur lalu lintas. Diperkirakan ada lima titik terjadinya kepadatan kendaraan.

Pertama, tanjakan dan turunan Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura. Meski tanjakan di sisi Barat jauh lebih landai dibanding sisi Timur, tiap pengendara harus tetap berhati-hati ketika melintas di lokasi tersebut.

“Di Kali Kenteng ada perlambatan karena kendaraan melintas harus satu-satu,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai acara pembukaan tol fungsional untuk arus balik, Senin (18/6).

Titik berikutnya adalah Gerbang Tol Banyumanik, Semarang. Kepadatan bisa saja terjadi lantaran ada proses transaksi. “Tapi gate-nya sudah dibuka sembilan. Ada juga petugas yang mobile, jalan kaki mendatangi dan nge-tap kepada pengguna jalan. Mudah-mudahan bisa dipercepat,” sambungnya.

Langkah antisipasi serupa juga bisa dilakukan di Gate Kertasari di Suradadi, Kabupaten Tegal. Situasi di sana tak jauh berbeda dengan Gerbang Tol Banyumanik.

Exit Tol Manyaran, Semarang, tak luput dari pantauan petugas kepolisian dan instansi terkait. Lokasi tersebut menjadi pintu masuk kendaraan yang meninggalkan tol operasional menuju ke tol fungsional.

Terakhir, Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Semarang-Batang. Infrastruktur yang belum lama diresmikan dan difungsikan itu memang dinilai mampu memangkas jarak tempuh para pemudik ketimbang harus memutar melalui jalan nasional. “Tapi di sana itu lajur, jadi pasti ada hambatan,” imbuh Condro.

Sehingga dengan dibukanya jalur untuk arus balik ditambah dengan jam operasionalnya selama 24 jam hingga Minggu (24/6) depan, Condro menegaskan tetap akan memastikan keamanan dan kenyamanan para pengendara.

“Kami pasti mengerahkan pengamanan dan pengawalan 1 x 24 jam. Termasuk kesiapan fasilitas, rest area dan lain sebagainya. Tergantung nanti pemudik soal penggunaannya. Kalau nanti masih padat, ya kami buka terus,” terang Condro. (gul/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...