Prediksi Belgia vs Panama: Menunggu Kejutan Tim Debutan

FAJAR.CO.ID – Berapa gol yang akan dicetak Belgia ke gawang Panama? Mungkin itu yang terbayang di benak pada pencinta sepak bola saat Belgia menghadapi Panama pada laga pertama mereka di Grup Piala Dunia 2018, Senin (18/6) malam WIB.

Hal yang wajar andai Belgia lebih diunggulkan dan diprediksi bisa menang dengan skor besar. Belgia saat ini berada di urutan ke-3 ranking FIFA. Sedangkan Panama, berada di posisi ke-55. Selain itu, Panama baru pertama kali ini tampil di Piala Dunia alias debutan, sedangkan Belgia sudah kenyang pengalaman. Meski belum pernah juara, Belgia tetap tim berkualitas. Di Piala Dunia 2014, Belgia mampu melaju hingga perempat final.

Setelah gagal meraih kejayaan di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016, publik menilai saat ini peluang terbaik Belgia untuk meraih trofi. Generasi emas Belgia saat ini dianggap sudah matang. Pasukan Setan Merah – julukan Timnas Belgia, lebih dewasa dan siap menjemput kejayaan.

Faktanya, mereka merangkai hasil luar biasa. Hingga saat ini, Belgia tak terkalahkan dalam 19 laga secara beruntun. Lima laga pemanasan terakhir sebelum ke Rusia bisa menjadi parameter betapa siapnya mereka. Belgia tak terkalahkan dengan meraih 4 kemenangan dan sekali seri. Terakhir, mereka membungkam Kosta Rika dengan skor 4-1. Perlu diketahui, Kosta Rika adalah negara tetangga Panama di zona CONCACAF.

Rasanya kombinasi pemain bintang seperti Eden Hazard, Dries Merten, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, dan Romelu Lukaku akan sulit dibendung oleh Panama. Bagi pencinta sepak bola di tanah air, para pemain Panama tak begitu familiar. Maklum, skuad mereka tak ada bintang yang menonjol.

Belgia pun dihadapkan pada fakta sejarah yang membuat mereka layak menang. Semenjak kalah 0-1 dari Meksiko pada laga pertama di Piala Dunia 1986, Belgia tak pernah lagi kalah pada laga pertama Piala Dunia berikutnya. Itu dilakukan sebanyak 5 kali yakni di Piala Dunia 1990 (menang), Piala Dunia 1994 (menang), Piala Dunia 1998 (seri), Piala Dunia 2002 (seri), dan Piala Dunia 2014 (menang).

Bagi Belgia, ini merupakan pertama kali mereka bersua Panama. Namun, sejak kalah dari Meksiko pada 1986 di fase grup Piala Dunia 1986, Belgia tak terkalahkan saat bersua tim dari CONCACAF. Mereka mencatat 9 kemenangan dan 2 seri. Peluang meraih kemenangan makin terbuka setelah Panama belum pernah menang saat bertemu tim Eropa dengan catatan 4 seri dan 5 kalah.

Meski begitu, Belgia tak boleh memandang remeh Panama. Meski punya segalanya untuk bisa meraih kemenangan, andai terlalu percaya diri, tim asuhan Roberto Martinez itu bisa kecewa. Belgia perlu belajar dari beberapa laga yang sudah dimainkan di Piala Dunia 2018. Ingat, sejumlah kejutan terjadi di masing-masing grup.

Tentu saja yang harus diwaspadai adalah kejutan yang dilakukan Islandia saat menahan imbang Argentina. Islandia adalah tim debutan, sama seperti Panama. Diyakini, Panama akan menjadikan Islandia sebagai inspirasi dalam laga nanti menghadapi Belgia.

Kemudian, sejumlah tim yang diunggulkan ternyata harus menelan pil pahit. Selain Argentina, Jerman dan Brasil juga merasakannya. Jerman justru lebih miris. Mereka kalah dari Meksiko. Padahal, di pentas Piala Dunia sebelumnya, Jerman selalu menang atas Meksiko. Selanjutnya, tak disangka tim kuat Brasil sebagai favorit juara mampu ditahan imbang Swiss.

“Ini Piala Dunia, semua tim bisa mengejutkan. Panama punya sesuatu yang menjadi kekuatan meruntuhkan negara-negara dominan seperti kami. Lihat Islandia dan kami harap saat melawan Panama kami memainkan permainan kami sendiri, bukan didikte lawan,” sebut gelandang Dries Merten. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...