Inilah Survei Indo Barometer Terkait Pilgub Sulsel, Hasilnya Diprediksi Sulit Berubah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Elektebilitas pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) untuk memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) makin sulit dibendung. Hasil survei sejumlah lembaga yang sudah dirilis, menunjukkan pasangan nomor urut 3 ini terus memimpin.

Hanya berselang sehari setelah Lembaga Survei Script Survei Indonesia (SSI) merilis survei terbaru yang menyatakan Prof Andalan meraih elektabilitas 37,07 persen, kini giliran Indo Barometer yang memaparkan hasil surveinya pada publik.

Di hadapan puluhan media yang berkumpul di Hotel Harris Suites, Jakarta, Rabu, (20/6), Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, memaparkan hasil survei di empat provinsi, masing-masing Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

"Pilkada di empat daerah ini paling menarik dan menjadi perhatian publik nasional," jelas Qodari.

Rilis survei Indo Barometer ini turut dihadiri sejumlah tokoh. Mereka di antaranya mantan Menteri Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja, mantan Menteri Keuangan, Fuad Bawazier, dan penggiat Hak Asasi Manusia, HS Dillon.

Hasilnya, untuk Pilgub Sulsel yang akan diikuti 4 pasangan, elektabilitas Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman mencapai 31,8 persen, disusul pasangan nomor 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar (20,4), pasangan nomoer 1 Nurdin Halid-Aziz Qahhar (18,0), dan pasangan nomor 2 Agus Arifin Nu’man-Tanribali Lamo (7,1).

Dari hasil survei yang dilakukan pada 24 kabupaten/kota di Sulsel pada 5-10 Juni, dengan 800 respondens dan margin of error 3,46 persen, tercatat 22,7 persen belum mengambil keputusan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...