Kim Jong Un Temui Xi Jingping, Bahas Denuklirisasi

FAJAR.CO.ID – Pertemuan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Tiongkok Xi Jinping membahas beberapa isu-isu, termasuk denuklirisasi Semenanjung korea. Mereka juga membahas pertemuan puncak antara Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Mereka bertukar pendapat tentang cara untuk menyelesaikan masalah denuklirisasi. Kim juga berjanji selama pertemuan dengan Xi di Beijing akan bekerja sama dengan pejabat di Tiongkok untuk perdamaian sejati, membuka masa depan baru di Semenanjung Korea.

Kunjungan dua hari Kim ke Beijing akan berakhir pada hari Rabu, (20/6). Ini terjadi setelah KTT di Singapura, Kim dan Trump menegaskan kembali komitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea.

Trump mengejutkan para pejabat di Korea Selatan (Korsel) setelah pertemuan dengan Kim. Ia memutuskan akan mengakhiri latihan militer AS-Korsel yang provokatif. AS dan Korsel setuju untuk menunda latihan militer gabungan yang dijadwalkan Agustus.

Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung Hwa mengatakan, keputusan untuk menangguhkan latihan tersebut dapat dipertimbangkan kembali berdasarkan perkembangan masa depan dengan Korut. “Saya pikir kami telah menjelaskannya bahwa ini adalah niat baik untuk memperkuat momentum dialog,” kata Kang dilansir Reuters, Rabu, (20/6).

“Itu tidak bisa diubah. Latihan bisa kembali terjadi jika Korut tidak memenuhi komitmen denuklirisasi,” tambahnya.

Ini merupakan kunjungan ketiga Kim ke Tiongkok. Xi mengatakan, hubungan antara Tiongkok dan Korut telah memasuki tingkat perkembangan baru sejak kunjungan pertama Kim pada Maret. Kim juga mengatakan kepada Xi bahwa dia bersedia untuk meningkatkan persahabatan dan kerja sama bilateral. (iml/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...