Korut-Tiongkok Sepakat Ciptakan Perdamaian di Semenanjung Korea

FAJAR.CO.ID — Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menyepakati pentingnya mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea. Kesepakatan dua sekutu ini terjadi dalam pertemuan mereka di Beijing, Selasa (19/6). Kedatangan Kim ke China disambut oleh upacara kemiliteran.

Kim dan Xi setuju untuk mendorong terwujudnya momentum kedamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada perdamaian dan keamanan dunia.

Mereka juga sepakat untuk menjaga, mengonsolidasikan dan terus mengembangkan hubungan baik antara Tiongkok dan Korea Utara.

Ada pemandangan menarik ketika Kim turun dari pesawat yang membawanya, kemarin. Berbeda dengan saat menghadiri KTT Amerika Serikat-Korea Utara yang berlangsung di Singapura pekan lalu, Kim Jong Un mengajak istrinya Ri Sol Ju untuk mendampingi ke Tiongkok.

Kim dan istri tampak mesra setibanya di Bandara Beijing. Ri menggandeng mesra tangan Kim Jong Un saat menuruni anak tangga pesawat.

Pasangan ini diterima khusus oleh Presiden Xi Jinping didampingi istrinya, Peng Liyuan, dan dijamu makan bersama.

Kim dijadwalkan berada di Beijing sampai hari ini. Ia datang untuk melaporkan hasil pertemuan KTT AS-Korut di Singapura pada pekan lalu kepada Presiden Xi.

Salah satu hasil penting dari KTT itu adalah proses denuklirisasi Semenanjung Korea tidak akan diganggu lagi oleh aksi provokatif Amerika Serikat dan sekutunya. (ald/jpg)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...