Logistik Pilgub Jateng Mulai Dikirim ke Karimunjawa Lewat Jalur Laut

FAJAR.CO.ID, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan telah mengantongi izin pelayaran dari pihak Kesyahbandaran Jepara untuk mengirimkan semua kebutuhan logistik Pilgub ke Kepulauan Karimunjawa. Pengiriman sendiri dilakukan per hari ini Rabu (20/6) pukul 07.00 WIB.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, dengan melalui jalur laut, pihaknya menargetkan perlengkapan logistik tersebut sudah sampai ke semua desa di Karimunjawa paling cepat Jumat (22/6) dan maksimal Selasa (26/6) nanti. Aparat kepolisian, menurutnya, turut dilibatkan dalam kegiatan ini.

"Semua logistik untuk mengantisipasi perubahan cuaca maka harus dimasukan plastik sebelum dikirim ke Karimunjawa. Sesuai protap khusus yang berlaku, kita sudah dapat izin dari Syahbandar untuk mengirimkan logistik Pilgub via kapal laut," ungkap Joko di Harris Hotel, Semarang, Rabu (20/6).

Untuk logisitik yang dikirimkan ke Karimunjawa berupa 6.827 surat suara dan bilik untuk 23 TPS yang melayani 6.650 pemilih. Adapun satu kotak rawat inap yang di dalamnya terdapat formulir, sampul, segel dan alat kelengkapan.

Untuk pengembalian kotak suara itu sendiri, diharapkan bisa dilakukan sebelum tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten yaitu tanggal 4-6 Juli 2018. Atau mengikuti jadwal kapal dan kondisi cuaca dengan prosedur pengamanan yang sama.

"Jadi mulai 19 Juni kemarin seluruh logistik telah bergerak ke tiap kabupaten/kota. Target kita semua logistik Pilgub tanggal 26 sudah sampai di desa-desa, termasuk di Karimunjawa," tuturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...