Survei Index Indonesia, NH-Azis Masih Ungguli Semua Pasangan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Lembaga survei INDex Indonesia merilis hasil survei seputar pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan di Hotel Aryadutha Makassar, Jumat (22/6/18).

Hasil survei yang dilakukan dalam rentang waktu tanggal 11-18 Juni 2018, elektabilitas  pasangan nomor urut satu, Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar menempati urutan tertinggi dengan perolehan 32,1 persen. Disusul pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo dengan perolehan 5,9 persen.

"Sedangkan pasangan nomor urut 3 Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman memperoleh 26,5 persen, dan pasangan Ichsan Yasin Limpo memperoleh 23,1. Sementara yang belum menentukan pilihan sebesar 12,4 persen,"kata Direktur INDex Indonesia Andy Agung Prihatna.

Survei tersebut dilakukan dengan jumlah responden 1500, dengan margin of error 2 ,6 persen dan juga teknik sampling secara acak.

"Survei kali ini berlangsung singkat, oleh karena itu jumlah responden dan pertanyaan kami batasi pada pertanyaan yang elektoral saja,"bebernya.

Demikian itu, angka elektabilitas yang diraih oleh pasangan nomor urut satu tersebut, jika dikalibrasi dengan margin of error 2,6 maka rentan elektabilitas pasangan NH-Aziz ini 29,5-34,7 persen.

"Itu rentan pergerakan elektabilitas pasangan nomor urut satu. Dengan demikian kalau dilihat secara proporsional, kemungkinan diprediksi akan mendapatkan perolehan suara lebih banyak ketimbang pasangan lain,"jelasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani


Comment

Loading...