LDI: IlhamSAH Berpotensi Menang Telak di Pilkada Bantaeng

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Lembaga survei Lingkar Data Indonesia (LDI) merilis hasil surveinya di Pilkada Bantaeng, Sabtu 23 Juni. Dari hasil survei itu, LDI menyebut pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) berpotensi menang telak pada Pilkada Bantaeng.

Pasangan bernomor urut tiga ini menang dengan jumlah suara 47,6 persen. Rivalnya, Andi Sugiarti MK-Andi Mappatoba berada di urutan kedua dengan jumlah suara 28,9 persen.

Direktur Eksekutif LDI, Irwan Ali menambahkan, pasangan calon Bupati Bantaeng nomor urut satu, M Alwi-Nurdin Halim berada pada urutan paling buncit. Pasangan yang maju melalui jalur independen ini diprediksi meraih suara 11,4 persen.

“Sedangkan swing voters atau yang belum menyatakan dukungan berada pada angka 11,4 persen,” jelas dia.

Dia menambahkan, pengambilan sampel dilakukan oleh LDI pada 16 hingga 18 Juni. Survei dilakukan dengan sebanyak 440 responden. Metode pengambilan survei dilakukan dengan cara tatap muka melalui kuisioner.

Irwan mengakui, hasil survei ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil real count pada Pilkada Bantaeng. Dia menyebut margin error atau kesalahan dari penghitungan data ini hanya mencapai 4,8 persen.

“Margin error survei ini hanya 4,8 persen. Jika terjadi kesalahan, itu tidak selisih jauh,” kata dia.

Selain melakukan survei di Bantaeng, LDI juga melakukan survei di Sinjai dan Jeneponto. Hanya saja, khusus untuk Jeneponto dan Sinjai, LDI tidak merilis hasil surveinya. Kedua daerah ini memiliki selisih suara yang sangat tipis.

“Kalau di Jeneponto dan Sinjai margin errornya sama, tetapi penentunya adalah swing voters,” kata dia. (rls)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment