Besok, 821 Napi Lapas Klas 1 Makassar Ikut Nyoblos

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Menjelang pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur 27 Juni besok, Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar melakukan kunjungan ke kantor KPU kota Makassar. Kunjungan tersebut demi memastikan jumlah surat suara yang akan tersalur di Lapas.

“Kebetulan kunjungan kami dalam rangka menanyakan kepastian surat suara di Lapas Kelas 1 Makassar. Karena penghuni Lapas kelas 1 ini ada sekitar 979, dan yang sudah dikoreksi itu ada sekitar 821 yang berhak untuk memilih, karena semua warga binaan kan itu ditahan identitasnya sedangkan ketentuannya kan harus ada,”kata Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Budi Sarwono saat ditemui di KPU kota Makassar, Selasa (26/6/18).

Budi menyebutkan, untuk pencoblosan dan pemungutan suara di Lapas, pihaknya telah menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS).”Ada dua TPS yaitu 27 dan  28,”singkatnya.

Sementara itu, pihaknya belum menerima surat suara dari KPU kota Makassar, karena hal tersebut masih dalam pengurusan. Meski demikian, ia mengakui sejauh ini tidak ada kendala dalam menghadapi pilkada serentak.

“Sejauh ini tidak ada masalah, karena setiap peserta yang mencoblos harus punya identitas. Tapi nanti ada keterangan dari Kepala Lapas yang akan diterbitkan dari Disdukcapil atau  KPU, bahwa itu merupakan tahanan atau narapidana yang mendapat undangan untuk memilih,”jelasnya.

Selain itu, Lapas Kelas 1 Makassar sudah memetakan pemilih yang berasal dari luar Makassar hanya akan memilih gubernur, sedangkan narapidana asal Makassar akan  memilih walikota dan gubernur. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...