Integritas Ichsan Yasin Limpo Patut Diteladani

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Apresiasi terhadap sikap Ichsan Yasin Limpo terus mengalir. Hal ini setelah Punggawa, julukan pelopor pendidikan gratis di Indonesia ini mengeluarkan pernyataan meneduhkan, sekaligus kedewasaan berpolitiknya pasca tidak diunggulkan hasil hitung cepat di Pilgub Sulsel.

Ichsan bukan hanya menghargai hasil hitung cepat. Tapi juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada tim, relawan berserta rakyat yang memberikan dukungan selama ini

Mantan Bupati Gowa dua periode ini, bahkan telah menyampaikan, bahwa Tuhan pasti menyediakan jalan lain untuk terus berbuat demi kepentingan rakyat. Ia tidak larut, karena baginya tak ada kata mundur bagi petarung sejati.

Ichsan sudah menjadi ‘pemenang’ integritas. Ia pantang melakukan berbagai kecurangan. Ia pantang menggadaikan harga dirinya demi kekuasaan. Ia pantang memberi contoh yang tidak baik bagi anak-cucu kita.

Karena sikap itu, Ichsan Yasin Limpo menuai berbagai pujian dan apresiasi. Termasuk pimpinan perguruan tinggi di Makassar, serta pimpinan organisasi keagamaan. Integritas dan kematangan berpolitiknya patut diteladani.9

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto mengatakan, pernyataan IYL menunjukan sikap gantelemen sebagai politisi terhormat.

"Sikap IYL menujukkan kematangan dan kearifan dalam berkontestasi. Sikapnya untuk menghargai perhitungan hasil QC dengan tetap menunggu hasil resmi KPU menunjukkan sikap gentleman, sebagai seorang politisi terhormat. Ketegaran pribadinya berhasil ditransformasi menjadi ketegaran kolektif, pendukung dan tim pemenangannya. Tidak ada respon yang berlebihan, semua tetap terkendali," kata Luhur, pada Kamis (28/6/2018).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...