KPU Parepare Temukan C1 Kosong Tapi Sudah Ditandatangani

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Modus kecurangan pada Pilwalkot Parepare terus bermunculan. Setelah ditemukan puluhan kotak surat suara yang tidak tersegel, kotak suara disegel dengan stiker biasa, serta distribusi C6 yang diduga dimainkan, kali ini muncul lagi form C1 yang tidak diisi.

Parahnya lagi, form C1 yang masih kosong ternyata ditandatangani seluruh pihak yang bertugas di TPS.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Nur Nahdiyah, saat dikonfirmasi di Kantor KPU, Jumat (29/6/2018). “Iya, saat melakukan input ke server KPU, kami temukan ada form C1 yang masih kosong,” ungkapnya.

Hal tersebut sangat disesalkan pihak KPU lantaran jauh sebelum pencoblosan, sudah disosialisasikan ke PPK, PPS, KPPS dan Panwaslu agar form C1 diiisi sesuai hasil rekap C1 Plano (talli) di seluruh TPS.

“Ini yang kami sesalkan, kenapa form C1 tidak diisi? Parahnya lagi, form C1 yang masih kosong justru ditandatangani seluruh pihak yang bertugas di TPS itu,” sesal Nur Nahdiyah.

Salah satu dampaknya, Quick Count KPU yang saat ini ditampilkan di website menjadi tidak akurat. Ketua KPU pun menegaskan angka di website itu bukan rujukan dan sifatnya belum final.

“Saya pastikan data yang ditampilkan di server KPU saat ini tidak bersifat final dan akan kami kroscek secara manual di tingkat PPK dan KPU,” tegasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...