Gusur Tanaman Warga, Pemprov Maluku Siapkan Ganti Rugi Rp 700 Juta

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan anggaran senilai Rp700 juta melalui APBD 2018, untuk membayar tanaman warga, yang terkena dampak penggusuran pembangunan ruas jalan Desa Alang, Kecematan Leihitu Barat – Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Sementara ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku telah membentuk tim untuk Menverifikasi jumlah tanaman milik warga seperti cengkeh, pala dan lainnya, yang terkena dampak penggusuran pembangunan.

“Tim yang dibentuk sedang melakukan verifikasi jumlah tanaman milik warga, untuk nantinya dibayar sesuai jumlah dan usianya sehingga tidak boleh tergesa – gesa karena bisa dipermasalahkan nantinya,” Kadis PU Maluku, Ismail Usemahu, kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Untuk itu, tim yang dibentuk melibatkan SKPD terkait dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Pertanian Maluku agar perhitungan jumlah dan usia tanaman tepat.

“Kami setelah verifikasi rampung, maka segera membayar tanaman warga sehingga pengerjaan jalan ruas desa Alang – desa Negeri Lima direalisasikan.” Pembangunan ruas jalan tersebut strategis karena memperpendek rentang kendali sehingga mengurangi waktu tempuh maupun tarif Angkot bila mengitari kecamatan Leihitu maupun Leihitu Barat. (YAS)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...