Berikut 10 Data dan Fakta Jelang Swedia vs Swiss

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Swedia bertemu Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bentrokan mereka akan tersaji di Stadion Saint-Petersburg, Selasa (3/7) malam WIB.

Kedua tim akan bertarung memperebutkan tiket ke babak perempat final. Bagi mereka, ini merupakan pertemuan pertama setelah tak berjumpa dalam 16 tahun terakhir.

Seperti biasa, berikut fakta-fakta menarik yang datang tiap kesebelasan yang bertanding.

 

Berikut ulasannya:

  1. Bagi kedua tim, ini merupakan pertemuan pertama dalam turnamen besar sekelas Piala Dunia.
  2. Bentrokan terakhir terjadi pada laga persahabatan tahun 2002 lalu. Kala itu skor berakhir imbang 1-1.
  3. Kemenangan terakhir Swiss atas Swedia terjadi di babak kualifikasi Piala Eropa. Pada 1994 lalu, Swiss yang saat itu dilatih Roy Hodgson menang telak 4-2.
  4. Dalam tiga pertemuan terakhirnya, Swedia tak pernah kalah dari Swiss. Mereka menang sekali dan imbang dua kali.
  5. Buat Swedia, ini menjadi pertandingan ke-50 mereka di ajang Piala Dunia. Dari kesempatannya itu Swedia menang 18 kali, kalah 18 kali, dan imbang 13 kali.
  6. Swedia menjadi tim ke-11 yang sudah tampil di Piala Dunia minimal 50 kali. Namun bersama dengan Meksiko, mereka jadi negara yang paling sering tampil tapi belum pernah merasakan gelar juara.
  7. Swedia pernah menjadi runner up Piala Dunia. Hal tersebut mereka raih ketika menjadi tuan rumah tahun 1958 silam.
  8. Sejak menelan kekalahan 5-7 dari Austria di Piala Dunia 1954, Swiss belum lagi mencetak gol ketika masuk ke fase gugur. Pemain Swiss terakhir yang bisa mencetak gol di babak knock out adalah Josef Hugi.
  9. Satu-satunya gol di fase knock out yang didapat Swiss pada turnamen besar sejak 1954 adalah tendangan voli spektakuler yang dilepaskan Xherdan Shaqiri. Namun laga itu tidak terjadi di ajang Piala Dunia. Shaqiri melakukannya saat Swiss berhadapan dengan Polandia di babak 16 besar Piala Eropa 2016.
  10. Dalam 25 penampilan terakhirnya, Swiss cuma menelan satu kekalahan. Hasil buruk tersebut diraih saat menghadapi Portugal di babak kualifikasi Piala Dunia, Oktober 2017 lalu. Sisanya Swiss menang 17 kali dan imbang tujuh kali. (bep/JPC)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...