JK Sedang Dorong Anies Jadi Cawapres, Apa Parpol Berminat?

Rabu, 4 Juli 2018 - 14:51 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tengah berupaya mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk ke gelanggang Pilpres 2019.

Menurut Ketua Umum PPP Romahurmuziy, hal tersebut bisa dilihat dari bahas tubuh yang selama ini dilakukan oleh JK. Apalagi, akhir-akhir ini, JK sering satu mobil dengan Anies.

“Kalau dilihat dari bahasa tubuh, JK lebih mendorong Anies jadi calon wakil presiden (cawapres), apakah jadi cawapres Jokowi, poros kedua, atau poros ketiga,” jelasnya dalam di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Kata Romi, sejauh ini nama Anies Baswedan telah diwacanakan Gerindra untuk dijadikan pendamping Prabowo. Ini karena duet tersebut menjadi yang terkuat bagi Prabowo dalam menghadapi Jokowi.

Meski demikian, usulan Prabowo-Anies tersebut mendapat tentangan dari rekan koalisi PKS. Sebab, PKS mengusulkan duet Anies-Ahmad Heryawan, Anies sebagai representasi Gerindra, sedangkan Aher dari PKS.

“Apakah PKS mau? Karena mau usung Anies-Aher,” tanyanya.

Sementara jika pasangan Prabowo-Anies dibawa ke partai lain, maka akan terbentur dengan calon yang disiapkan partai tersebut.

“Kalau Prabowo mencoba menawarkan Prabowo-Anies ke PKB, kan PKB punya Cak Imin, ke PAN punya Pak Zul, ke Demokrat punya Pak Zul,” jelasnya.

Atas alasan itu, Romi menilai kemungkinan Anies ditawarkan untuk menjadi cawapres sangat kecil.

“Jadi kemungkinan ditawarkannya Anies masih sangat tipis. Masing-masing parpol yang belum menentukan sikap tentang capres-cawapres, masing-masing punya nama sendiri untuk diajukan,” tukas Romi. (ian/rmol)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.