Menhub: Kami Akan Usut Karamnya KM Lestari Maju, Pidana juga Ditegakkan

Rabu, 4 Juli 2018 - 20:24 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi berjanji akan mengusut tuntas tragedi kebocoran lambung kapal yang menewaskan hingga 36 orang. Hal itu diungkapkan Budi saat meninjau langsung korban selamat di Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (4/7).

Tidak tanggung-tanggung, Menteri Budi bahkan akan mempidanakan semua operator yang bertugas dalam pengoperasian kapal.

“Kami akan melakukan tindakan tegas kepada operator dan pidana juga kita tegakkan,” tegas Menhub saat gelar konferensi pers di bandar udara internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (4/7).

Lebih jauh kata Menhub, dugaan melebihi kapasitas penumpang sangat jelas, apalagi dalam laporan yang diterimanya kapal tersebut memiliki izin operasional yang telah berubah.

“Tapi memang ada indikasi bahwa jumlah penumpang yang ada di kapal melebihi dari jumlah manifest. Dalam hal ini memang terdapat satu kesalahan dari Syahbandar, tentunya para petugas itu akan menanggung apa yang mereka tidak lakukan dari undang-undang. Kesalahannya tidak mengikuti jumlah manifest,” papar Menhub.

Sementara itu, berkaitan dengan jumlah korban jiwa yang diperoleh yakni sebanyak 36 orang, menurut Menhub belum pasti, atau masih tentatif. Pasalnya jumlah itu bisa saja bertambah apabila pihak Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan korban baru.

“Dari informasi yang kami peroleh karena ini belum formal karena belum dari TNI dan KNKT. Nanti sore baru ada yang formal dari jumlah tersebut. Saya sampaikan nanti malam untuk jumlah korbannya,” ujarnya. (al amin/raksul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.