Tundukkan Filipina, Indonesia Sukses Pesta 4 Gol dalam 9 Menit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDOARJO – Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Filipina U-19 dengan skor 4-1 dalam Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (5/7) malam. Empat gol tercipta dalam waktu 9 menit, pada masa injury time. Luar biasa!

Dalam laga ini, para pendukung Timnas sempat dibuat deg-degan karena tim lawan ternyata tampil dengan pertahanan yang rapi. Meski menguasai permainan dan ball posession sampai 80 persen, skuat Garuda Nusantara tumpul.

Indonesia memang langsung main menyerang dan mengejar gol cepat. Tampil dengan mayoritas starting line up yang berubah dibanding laga sebelumnya, skuat Garuda Nusantara rupanya kesulitan untuk menembus pertahanan lawan.

Pada 20 menit pertama, hanya dua peluang berbahaya yang dihasilkan. Pertama dari Resky Fandi yang menendang umpan dari Firza Andika pada menit ke-4. Kemudian peluang dari Firza sendiri pada menit ke-7.

Setelah itu, timnas baru dapat baru dapat peluang kembali pada menit ke-23. Sayang, eksekusi dari Samuel Christianson tak menemui sasaran dan hanya menyamping tipis.

Peluang demi peluang lahir dari sundulan Rafli Mursalim, sepakan Firza Andika, M Luthfi Kamal, dan juga Nurhidayat. Tapi, tak da satu pun yang berbuah gol.

Sebaliknya, sebuah sepakan bebas dari Filipina pada menit ke-33 dari kaki Shanden Tubigon, membuat kiper M Riyandi memungut bola dari gawangnya. Gol pemain Filipina itu bertahan sampai laga babak pertama usai.

Pada babak kedua, pergantian dilakukan dan pemain langganan inti mulai dimasukkan oleh Indra Sjafri. Mulai dari Rivaldo Todd Ferre, Syahrian Abimanyu, sampai Saddil Ramdani. Perubahan itu rupanya membuahkan hasil dan membuat serangan Garuda Nusantara semakin sporadis.

Tapi, sampai menit ke-80, skor masih 0-1 untuk keunggulan tim tamu belum berubah. Namun, inisiatif Saddil Ramdani untuk melakukan aksi individu dan melepaskan sepakan jarak jauh pada menit ke-81, berhasil menyamakan kedudukan dan Stadion Gelora Delta pecah dengan teriakan suporter.

Gol itu rupanya menjadi penyemangat Timnas Indonesia sekaligus meruntuhkan konsentrasi pemain Filipina. Terbukti, pada menit ke-83, sebuah umpan dari Rifad, berhasil diselesaikan oleh Firza Andika yang coming from behind dan mencetak gol dengan sundulannya. Timnas Indonesia unggul 2-1.

Gol demi gol berdatangan setelah Saddil mencetak brace-nya pada menit ke-85. Lagi-lagi, aksinya yang melepaskan sepakan jarak jauh dari luar kotak penalti, membuat kiper Filipina kembali memungut bola dari gawangnya untuk kali ketiga.

Akhirnya, pada menit ke-90, pesta gol timnas ditutup oleh aksi ciamik dari Todd Ferre. Memanfaatkan umpan Witan Sulaeman, dia mengontrol bola dan lantas mengakhirinya dengan sontekan yang melewati sela-sela kiper dan pemain belakang FIlipina yang harus bertabrakan menghalau pergerakannya. (dkk/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...