60 Orang Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Jepang

Minggu, 8 Juli 2018 - 16:24 WIB

FAJAR.CO.ID – Banjir dan longsor di kawasan barat Jepang menewaskan sedikitnya 60 orang dan belasan lainnya hilang. Sebagian besar korban tewas merupakan warga yang berada di prefektur Hiroshima.

Hiroshima sebelumnya memang sudah dianda hujan lebat sejak Kamis lalu. Akibatnya ratusan rumah rusak. Selain itu, sekitar 1,5 juta orang telah diperintahkan untuk meninggalkan tempat tinggal mereka. Begitu pula dengan tiga juta orang lainnya.

Kondisi tersebut bahkan dapat berpotensi menjadi menjadi bencana dengan cuaca terburuk yang melanda Jepang selama beberapa dekade terakhir.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa pihak berwenang menghadapi situasi cukup sulit. Mereka bahkan diibaratkan seperti melakukan perlombaan melawan waktu untuk mengevakuasi warga.

Ribuan polisi, petugas pemadam kebakaran, dan tentara turut ambil bagian dalam operasi pencarian dan penyelamatan para korban. Menurut Kantor Berita Kyodo Jepang, seperti dilansir BBC, Minggu (8/7), beberapa korban telah terkubur tanah longsor.

Badan Meteorologi Jepang menyebut bahwa hujan sudah mengguyur Kota Moyotama yang berjarak sekitar 600 kilometer dari barat Ibu Kota Tokyo sejak Sabtu pagi. Diperkirakan hujan akan terus turun dalam beberapa hari ke depan.

Kyoto yang terletak sekitar 300 kilometer di sebelah timur Hiroshima juga diguyur hujan lebat. Penduduk lokal Manabu Takeshita mengatakan kepada situs web Japan Times bahwa siapa pun yang tinggal di dekat sungai harus waspada karena musim angin topan baru saja dimulai. (trz/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *