ASPEKSINDO Dorong Pembentukan Kementerian Kepulauan dan Pesisir

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) terus mengupayakan agar percepatan pembangunan di wilayah pesisir terus digalakkan. Ini memang target ASPEKSINDO, yaitu memastikan pengembangan wilayah pesisir Indonesia yang juga sejalan dengan program poros maritim pemerintah.

Agar upaya ini terus berlanjut, ASPEKSINDO kini mendorong wacana pembentukan Kementerian Kepulauan dan Pesisir. Kementerian ini diusulkan untuk dibentuk pada kabinet baru nanti pasca pemilihan presiden tahun depan.

Hal ini dikemukakan Rapsel Ali selaku pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO). “Saya selaku pendiri (ASPEKSINDO) minta ada penambahan satu kelembagaan kementerian yg baru pada kabinet 2019, yaitu Kementerian Kepulauan dan Pesisir agar bisa fokus melaksanakan perintah UU Pemerintahan Daerah Kepulauan,” tutur Rapsel, Senin (9/7/2018).

Rapsel yang juga bacaleg DPR RI dari Partai NasDem ini menerangkan bahwa gagasan percepatan pembangunan wilayah pesisir adalah keharusan yang patut untuk terus diupayakan maksimal. Hal ini juga sejalan dengan misi pemerintah saat ini, yakni menguatkan kemaritiman dan pembangunan wilayah pesisir.

“Bukan waktunya lagi berpikir konvensional dalam mengembangkan wilayah pesisir Indonesia. Sekarang benar-benar sudah harus serius. Salah satunya perlu ada Kementerian Kepulauan dan Pesisir,” tuntas Rapsel. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...